Organisasi Profesi Guru

Presiden Jokowi memberi hormat kepada Guru-Guru se Indonesia.

Tema Gambar Slide 2

Deskripsi gambar slide bisa dituliskan disini dengan beberapa kalimat yang menggambarkan gambar slide yang anda pasang, edit slide ini melalui edit HTML template.

Tema Gambar Slide 3

Deskripsi gambar slide bisa dituliskan disini dengan beberapa kalimat yang menggambarkan gambar slide yang anda pasang, edit slide ini melalui edit HTML template.

Sunday 27 May 2012

Kenangan Terindah



OLEH: NURUL HIDAYAH





setiap kita pasti pernah mencintai, akan tetapi terkadang cinta kita tidak terbalas. dengan demikian, ketika cinta tidak terbalas tentunya rasa malu akan datang memhampiri. hari-hari sudah terlalu sedangkan pikiran masih tertuju terhadapnya. padahal masih ada yang lain.


perasaan selalu terhanhatui olehnya. mimang benar ketika perasaan kitika sampai di hati akan sulit untuk melepas, segala cara uda dilakukan hany untuknya. namun tidak juga terpenuhi. cinta sungguh sungguh indah, walaupun tida terbalas.
Mencintai seseorang adalah hal yang sering kita alami, tapi kadang cinta kita terbalas kadang cinta kita di abaikan (tak terbalas) oleh seseorang.
hati sebagai pusatnya cinta bisa sakit karena cinta. dengan demikian janganlah memberikan hatimu kepeda orang yang tidak mencintai. karena apabila hati di berikan kepada yang tidak mencintai. maka tunggulah kehancurannya..

Seperti itulah hakikat cinta kepada sang kekasih; patuh padanya dan siap berkorban demi kebahagiannya. Kecintaan kepada Allah dan Rasul-Nya tentu jauh lebih besar daripada kecintaan kita dari siapa pun di dunia ini; tidak istri, anak-anak atau orang tua sekalipun. Mungkin belum banyak yang kita persembahkan, atau kita korbankan sebagai realisasi cinta kepada sang Khalik. Sehingga terlalu sulit bagi kita mensejajarkan cinta kita dan cinta Allah Azza wa Jalla. Namun kita juga yakin, bahwa Allah Ta’ala tidak pernah menuntut lebih dari apa yang sanggup kita berikan.


Pesan terakhir saya janganlah pernah menunggu sesuatu yang tidak pasti dan janganlah pernah memikirkan sesuatu yang sedikitpun tidak pernah memikirkan dirimu 


Sunday 6 May 2012

MASUKNYA ISLAM DI SPANYUL


oleh: NURUL HIDAYAH   

                                                                    BAB I                                                                 

PENDAHULUAN
A.      LATAR BELAKANG
Sepanyol diduduki umat islam  pada masa kholifah Al- walid (705-715 M), salah seorang kholifah dari Bani Umayyah yang berpusat di Damaskus. Dalam proses penaklukan Spanyol terdapat tiga pahlawan islam yang dapat dikatakan paling berjasa memimpin satuan pasukan di sana. Mereka adalah Thariq ibn Malik, Tharif ibn Ziyad, dan Musa  ibn Nushair.
Kemenangan-kemenangan yang dicapai oleh umat islam dengan adanya  dua faktor yaitu faktor eksternal dan faktor internal yang menguntungkan. Sehingga islam dengan mudah menguasai kota-kota yang ada di Andalus (spanyol), di antara kota-kota yang dikuasai islam adalah siville, Kardova, Granada, Murcia, dan Toledo. Sejak   Pasukan islam memperoleh kemenangan dengan mudah. Karena, pasukan islam mendapat dukungan dari rakyat setempat yang sejak lama menderita akibat kekejaman penguasa.
B.      RUMUSAN MASALAH
Pada zaman siapa pertama kali islam masuk kesepanyol ?
Begaimana perkembangan perkembangan islam di spanyol ?
Apa faktor-faktor yang menyebabkan islam dengan cepat menguasai spanyol ?
C.      TUJUAN PENULISAN
Penulisan makalah ini, bertujuan untuk mengkaji “Peradaban Islam di Spanyol”. Dari awal masuknya sampai, pekembangannya dan kemundurannnya. Akan tetapi makalah, makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Maka dari itu, keritikan dan saran anda yang yang dapat memutivasi saya tunggu.  


BAB II
PEMBAHASAN
A.      Masuknya Islam Ke Sepanyol
Sebagaimana di sebutkan di atas islam masuk ke spanyol pada masa kholifah Al- Walid (705-715 M), sebelum menaklukan spanyol, umat islam telah menguasai afrika utara dan menjadikan salah satu oposisi dari dinasti bani umayyah. Dalam proses penaklukan spanyol terdapat tiga pahlan islam yang yang dapat dikatakan paling nerjasa memimpin satuan-satuan pasukan ke sana. Mereka adalah Tharif ibn Malik,Tharif ibn Ziyad, dan Masa ibn Nushair. Tharif dapat disebut sebagai perintis dan penyelidik. Ia menyeberangi selat yang berada di antara  Maroko dan benua Eropa itu dengan pasukan perang, lima ratus orang di antaranya adalah tentara berkuda, mereka memiliki empat buah kapal yang disediakan oleh Julian. Penyerbuan itu Thoriq tidak mendapatkan perlawanan yang berat. Ia menang dan kembali ke Afrika utara membawa harta rampasa yang tidak sedikit jumlahnya. Di dorong oleh keberhasilan Thoriq dan kemelut yang terjadi dalam tubuh kerajaan Visighotick yang berkuasa di spanyol pada saat itu, serta dorangan yang besar untuk mendapatkan harta rampasan perang, Musa ibn Nushair pada tahun 711 M mengirim pasukan ke spanyul sebanyak 7000 orang di bawah pinpinan Thariq ibn Ziyad.
Ibn Ziyad lebih banyak di kenal sebagai penakluk spanyol, karena pasukannya lebih besar dan hasilnya lebih nyata. Pasukankya terdiri dari sebagian besar suku barbar yang di dukung oleh Musa ibn Nushair dan sebagian lagi orang yang dikirim oleh kholifah Al- Walid. Pasukan itu kemudian menyeberangi selat di bawah pimpinan Thariq ibn Ziyad. Sebuah ginung tempat pertama kali Thariq dan pasukannya mendarat dan menyiapkan pasukannya,  dikenal dengan nama Gibraltar(Jabal Thariq). Dengan dikuasainya daerah ini, maka terbukalah pintu secara luas untu memasuki spanyol.dalam pertempuran di suatu tempat yang bernama Bakkah, raja Roderick dapat dikalahkan. Dari situ THariq dan pasukannya terus menaklukan kota-kota penting, seperti Kardova, Granada, dan Toledo (ibu kota kerajaan Goth saat itu). Sebelum Thariq menaklukan kota Toledo, ia meminta tambahan pasukan kepada Musa ibn Nushair di Afrika Utara. Musa menirimkan tambahan pasukan sebanyk 5000 personil, sehingga jumlah pasukan Thariq seluruhnya 12.000 orang, jumlah belum sebanding dengan pasukan Gpthik yang jauh lebih besar, 100.000 orng.
Kemenangan pertama yang dicapai oleh Thariqibn Ziyad membuka jalan untuk menaklukan wilayah yang lebih luas lagi. Untuk itu, musa ibn Nushair merasa perlu melibatkan diri dalam gelandang pertempuran dengan maksid membantu perjuangan Thariq. Dengan suatu pasukan yang besar, ia berangkat menyeberangi selat itu dan satu persatu kota dilewatinya dapat ditaklukannya. Setelah Musa menaklukan Sidonia, Karmona, Seville, dan merida serta mengalahkan kerajaan Toledo. Selanjutnya, keduanya berhasil menguasai lota penting di spanyul. Termasuk bagian utaranya, mulai dari siragosa sampai Navarre. Gelombang perluasan wilayah berikutnya
Gelombang perluasan gelombang berikutnya muncul pada masa pemerintahan kholifah Abdil Aziz tahun 99 H/717 M, kali ini sasaran di tujukan untuk menguasai daearh sekitar pegunungan Pyrenia dan perancis selatan, pinpinan pasukan dipercayai kepada Al- Samah, tetapi usahanya gagal dan dia terbunuh pada tahun 102 H. selanjutnya pinpinan pasukan diserahkan keapada Abd Al- Rahman ibn Abdullah Al-Ghafiqi. Dengan pasukannya, ia menyerang Bordesus, poiter, dan dari sini ia mencoba menyerang kota tours. Akan tetapi, di antara kota poiter dan kota tours itu ia ditahan oleh Chales Martel, sehingga penyerangan keperancis gagal dan tentara yang dipinpinnya kembali ke spanyol.
Sesudah itu, masih terdapat penyerangan-penyerangan seperti di ke Avirignon tahun 734, ke lyon tahun 743 m, dan pulau-pulau yang terdapat di laut Tengah. Majorkax Korsia, Sardinia, Creta, Rhodes, Cyprus, dan sebagian dari Sicilia juga jatuh ke tangan islam di zaman Bani Umayayh. Gelombang kedua terbesar dari penyerbuan kaum muslimin yang geraknya dinulai pada permulaan abad ke-8 M ini, telah menjangkau seluruh spanyol dan perancis tengah dan bag9ian-bagian penting dari Itali.
Kemengan-kemenangan yang di capai umat islam Nampak begitu mudah. Hal itu tidak dapat di pisahkan dari adanya faktor eksternal dan factor internal yang menguntungka.
Yang dimaksuk faktor eksternal adalah suatu kondisi yang terdapat di dalam negeri sepanyol sendiri. Pada masa penaklukan spanyol oleh orang-prang islam, kondisi social, politik, ekonomi negeri ini berada dalam keadaan menyedihkan. Secara politik, willah sepanyol terkoyak-koyak dan terbagi-bagi ke dalam beberapa Negara kecil. Bersamaan dengan itu, penguasa Gothic bersikap tidak toleran terhadap aliran agama yang dianut oleh penguasa, yaitu yaitu aliran monofisit, apalagi terhadap agama lain, yahudi, penganut agama yahudi yang merupaka bagian terbesar daripenduduk spanyol dipaksa dipakti menurut agama Kristen. Yang tidak bersedia disiksa dan dibunuh secara berutal. Rakyat dibagi-bagi kedalam sistem kelas, sehingga keadaannya diliputi oleh kemelaratan, ketertindasan, dan ketiadaan persamaan hak. Di dalam situasi seperti itu, kaum tertindas menanti kedatangan juru pembebas dan juru pembebasannyamereka temukandari orang islam. Berkenaan dengan itu, Ameer Ali, seperti dikutip oleh Imamuddin mengatakan, ketika Afrika(Timur dan Barat) menikmatin kenyamanan dalam segi material, kebersamaan, keadilan, dan kesejahteraan tetangganya di jazirah spanyol berada dalam keadaan menyedihkan di bawah kekuasaan tangan besi penguasa visighotic. Disisi lain, kerajaan  kerajaan berada dalam kemelut  perlakuan yang membawa akibat pada prenderitaan masyarakat. Akibat perlakuan yang keji, koloni-koloni yahudi yang pentingmenjadi tempat-tempat perlawanan dan peberontakan. Perpecahan dalam negeri spanyol ini banyak membantu kerhasilan campur tangan islam di tahun 711 M. perpecaha itu amat banyak coraknya dan sudah ada jatuh sebelum kerajaan Gothic sendiri.
Pepecahan politik memperburuk keadaan ekonomi masyarakat. Padahal sewaktu spanyol berda di bawah pemerintahan romawi, berkat kesuburan tanahnya, pertanian maju pesat. Demikian pertambangan, industri, dan perdagangan karena didukung oleh sarana transportasi yang baik.
Buruknya kondisi social, ekonomi dan keagamaan tersebut terutama disebabkan oleh keadaan politik yang kacau. Terjadi pada masa pemerintahan raja Roderick, raja goth yang terakhir dikalahkan. Awal kehancuran kerajaan goth adalah ketika raja Roderick memindahkan ibu kota negaranya dari Seville ke Toledo, sementara witisa, sebagai penguasa atas wilayah Toledo pada masa itu.
Sedangkan yang dimaksuk internal adalah suatu kondisi yang tedapat dalam tubuh penguasa, tokoh-tokoh pejuang, dan para perajurit islam yang terlibat dalam penaklukan wilayah spanyol. Para pemimpin adalah tokoh-tokoh yang yang kuat, tentaranya kompak, bersatu, dan penuh percaya diri, merekapun cukup berani dan tabah dalam menghadapi setiap pesoalan. Yang terpenting ajaran islam yang di tujukan  para tentara islam yaitu toleranci, persaudaraan, dan tolong menolong. Sikap toleran dan persaudaraan yang terdapat pada pribadi kaum muslimin itu menyebabkan penduduk soanyol menyambut kehadiran islam di sana. Dan Perkembangan politik di Spanyol tidak lepas dari beberapa aspek yang dapat mempengaruhinya diantaranya: ekonomi dan sosial. Dari pertama kali Islam menginjakkan kaki di tanah Spanyol hingga jatuhnya Islam disana, Islam memainkan peranan yang sangat besar, masa itu berlangsung lebih dari tujuh setengah abad sehingga masa ini dibagi menjadi beberapa periode.
B.      Perkembanga Islam di Spanyol
Sejak pertama islam menginjakan kaki ke spanyol dan jatuhnya kerajaan islam terkhir disana berlangsung lebih dari tuju setengah abad yang di dalamnya terdapat enam priode
1.       Priode Pertama (711-755 M)
Pada priode ini spanyol berada di bawah pemerintaha para waliyang diangkat oleh kholifah Bani Umayyah yang berpusat di demaskus. Pada priode ini stabilitatas politik negeri spanyol belum sempurna. Ganggguan-gangguan masih serimg terjadi baik dari luar maupun dari dalam. Dan periode ini berakhir dengan datangnya Abd Al- RhmanAl-Dakhil kespanyol pada tahun 138 h/755 m.

2.        Periode Kudua (755-912 M)
Pada periode ini,spanyol dibawah pemerintahan seorang yang bergelar Amr (panglima atau gubenur) tetapi tidak tunduk kepada pusat pemerintahan islam yang ketika di pegang oleh kholifah Abbasiyah di Baghdad. Periode ini, umat islam di spanyol mulai mulai memperoleh kemajuan-kemajuan, baik dalam bidang politik maupun dalam bidang peradaban. Sekalipu demikian, berbagai ancaman dan kerusuhan terjadi. Pada abad ke-9, stabilitas Negara terganggu dengan munculnya gerakan krieten fanatik yang mencari kesyahidan(martyrdom). Dan di periode ini gangguan politik paling serius yang datng dari umat islam sendiri.  Pada tahun 852 golongan peberontak di Toledo membentuk negara kota  berlangsung selama 80 revolusi. Yang terpenting di antaranya adalah pemberontakan yang dipinpin oleh hafshun dan anaknya yang berpusat di di pegunungan dekat Malaga. Sementara itu, perselisihan antara orang-orang barbar dan prang-orang arab itu  masih sering terjadi.
3.       Periode Ketiga (912-1013 M)
Periode ini berlangsung mulai dari pemerintahan Abd Al- Rahman III yang bergelar “An-Nasir” sampai munculnya ”raja-raja kelompok”  yang dikenal dengan sebutan muluk al-Thawaif. Periode ini spanyol diperintah oleh penguasa dengan galar kholifah, penggunaan kholifah tersebut bermula dari berita yang di sampaikan kepada Abdirrahman III, bahwa Al- muktadir, kholifah daulat Bani Abbas di Baghdad meninggal dunia di bunuh olehpengawalnya sendiri.pada periode ini, umat islam spanyol mencapai puncakkemajuan dan kejayaan, menyaingi Daulat Abbasiyah di Baghdad. Awal kehancuran kholifah Bani Umayyah di spanyol adalah ketikaHisyamnailtahta  dalam usia sebelas tahun. Oleh kernaitu, kekuasaan actual berada di tangan pejabat. Akhirnya, pada tahun1013 M, dewan mantra yang memimpin Cardova menghapuskan jabatan kholifah. Ketika itu, spanyol sudah terpecah dalam banyak sekali Negara kecil yang berpusat di kota-kota tertentu.
4.       Periode Keempat (1013-1086 M)
Periode ini, spanyol terpecah menjadi lebih dari tiga puluh Negara kecil di bawah pemerintahan raja-raja golongan atau Al-Mulukut-Thawaif, yang berpusat disuatu kotaseoerti seville,Cardova, Toledo, dan sebagainya. Maskipun, kehidupan politi tidak stabil, namun kamajuan intelektual terus berkembang pada periode ini. Istana-istana mendorong para serjana dan sastrawan untuk medapatkan pelindungan dari suatu istana ke istana lain.
5.       Periode Kelima(1086-1248 M)
Periode ini, islam di spanyol maskipun terpecah dalam beberapa Negara, tetapi terdapat satu kekuatan yang dominan, yaitu kekuasaan dinasti murabithun(1086-1143) dan dinasti muahidun(1146-1235 M). dan di periode iniumat islam tidak mampu dalam serangan keristen yang semakin besar. Tahun1238 M Cardova jatu ketangan pengusa keristen dan Seville jatuh tahun 1248 M. seluruh spanyol kecuali Granada.

6.       Periode Keenam (1248-1493 M)
Pada periode ini, islam berkuasa, di bawah dinasti Ahmar (1232-1492 M). Peradaban kembali mengalami kemajuanseperti di zamanAbdurrahmanAn-Nashir. Oada periode ini pemberontakan oleh anaknya sendiri yaitu Abu Abdullah muhamad mersa tidak senang terhadap ayahnya untuk mermpas kekuasaannya.dan  dua pengusa kristendapat mengalahkan penguasa yang sah dan Abu Abdullahnaik tahta.yanbg terpehting di periode ini fdengan berakhirnya kekuasaan iskam di spanyol tahun 1492 M. umat islam setelah itu  dihadapkan dua pilihan, masuk Kristen dan meninggalkan spanyol. Dan pada tahun 1606 M, boleh dikataka islam tidak ada lagi di spanyol.

C.      Kemajuan Intelektual
Dalam masa lebih dari tuju abad, kekuasaan islam di Spanyol, umat islam telah mencapai kejayaannya di sana, banyak prestasi yang mereka peroleh,bahkan pengaruhnya membawa Eropa dan kemudian dunia,kepada kemajuan yang lebih kompleks.   
1.       Kemajuan Intelektual
Spanyol adalah negeri yang subur, kesuburan itu menghasilkan ekonomi yang tinggi dan pada gilirannya banyak menghasilkan pemikir. Yang terakhir, memberikan saham intelektual tehadap terbentuknya lingkungan budaya Andalus yang melahirkan kebangkitan ilmiah, sastra, dan pembangunan fisik di Spanyol.
a.       Filsafat
Hal ini terjadi pada tahun 961-976 M, atas inisiatif al-Hakam untuk mengimpor karya-karya ilmiah dan filosofis dari Timur, sehingga Cordova dengan perpustakaan dan universitasnya mampu menyaingi Baghdad sebagai pusat utama ilmu pengetahuan di Dunia Islam. Tokoh utama dan pertama dalam sejarah filsafat Arab-Spanyol adalah Abu Bakr Muhammad ibn al sayigh (Ibnu Majah).

b.      Sains
Ilmu-ilmu kedokteran, matematika, astronomi, kimia dan lain-lain juga berkembang dengan baik. Abbas ibn Farnas termasyhur dalam ilmu kimia dan astronomi (Syalabi,1983:86). Dalam bidang sejarah dan geografi terdapat Ibn Jubair dari Valencia (1145-1228 M), Ibn Batuthah dari Tangier (1304-1377 M) dan lain-lain.
c.       Fiqh
Spanyol Islam adalah penganut mazhab Maliki. Yang memperkenalkan pertama adalah Ziyad ibn abd al-Rahman.
d.      Music dan kesenian
Dalam bidang musik dan seni suara, Spanyol Islam mencapai kecemerlangan dengan tokohnya al-Hasan ibn Nafi (Zaryab).
e.       Bahasa dan sastra
Bahasa Arab telah menjadi bahasa administrasi dalam pemerintahan Islam Spanyol dan ini dapat diterima oleh orang-orang Islam dan non Islam. Diantara orang-orang yang ahli dalam bahasaArab dan tata bahasa adalah Ibn Sayyidih, Ibn Khuruf dan lain-lainnya.
2.       Kemegahan Pembangunan Fisik
Disamping kemjuan intelektual, Spanyol Islam juga mencapai kemajuan di bidang pembangunan fisik. Pembangunan fisik yang mendapat perhatian ummat Islam sangat banyak. antara lain dalam perdangangan, jalan-jalan dan pasar-pasar, bidang pertanian dan lain-lainya. Namun demikian, pembangunan-pembangunan fisik yang menonjol adalah pembangunan gedung-gedung, seperti pembangunan kota, istana, masjid, pemukiman dan tanaman-tanaman. Di antara pembangunan yang megah adalah Masjid Cordova, kota al- Zahra, Istana Ja’fariyah di Saragosa, tembok Toledo, Istana al-Makmun, Masjid Seville dan Istana al-Hamra di Granada. Cordova dan Granada di masa Bani Umayah mengalami perkembangan yang pesat.
Banyak pembangunan yang dilaksanakan, seperti Istana dan Masjid-masjid. Kota ini diperluas dengan memperbesar tembok yang mengelilinginya. Dan berdirinya sebuah jembatan dengan gaya arsitektur Islam yang mempunyai 16 lengkungan dalam gaya Romawi,menghubungkan Cordova dengan daerah pinggiran di gerbang sungai. Sedangkan di sebelah Barat jambatan itu berdiri Istana al-Cazar. Perkembangan ini terjadi pada masa pemerintahan Abdurrahman An-Nasir di pertengahan abad ke-10 M. Cordova juga terkenal dengan barang-barang kerajinan dari perak, sulaman-sulaman dari sutra dan kulit, yang mempunyai bentuk khusus. Pada masa ini Cordova menjadi pusat Ilmu Pengetahuan, dan berdirinya Universitas Cordova. Di samping itu, di kota ini terdapat sebuah perpustakaan besar yang mempunyai koleksi buku kira-kira 400.000 judul (Lapidus, 1999:581). Begitu juga dalam bidang pertanian ,dengan pembangunan irigasi yang baik, membawa kemakmuran dan kesejahteraan kepada masyarakat. Sehingga mampu membangun beberapa Daerah (Hoeve,1994:147).
a.       Cardova
Cordova adalah ibu kota Spanyol sebelum Islam, yang kemudian diambil alih oleh Bani Umayyah, Abdurrahman Ad-Dakhil (822-852 M). Kemudian mencapai puncak keindahannya pada masa Abdurrahman An Nasyir (911-961 M). Kota ini indah dipandang mata. Jembatan besar dibangaun di atas sungai yang mengalir di tengah kota. Tamantaman dibangun untuk menghiasi. Pohon-pohon dan bunga-bunga di impor dari Timur. Diantara kebanggaan kota Cordova adalah masjid Cordova. Di kota Cordova terdapat 491 masjid. Disamping itu, ciri khusus kota adalah adanya tempat pemandian. Di Cordova terdapat 900 pemandian.
b.       Granada
Granada memiliki tanah yang subur, banyak pegunungan dan sungai-sungai. Pada sebuah bukit kecil yang tingginya 150 meter di atas kota Granada terdapat sebuah istana yang indah yang dibuat oleh raja Bani Akhmar dan diberi nama Al-Hamrah. Al-Hamrah merupakan istana yang permai yang megah dan puncak ketinggian arsitektur Spanyol Islam. Istana itu dikelilingi taman-taman yang tidak kalah indahnya. Sedangkan dalam bidang pertanian, Spanyol sudah mengenal irigasi dan saluran-saluran air. Dengan pembangunan irigasi yang baik mereka dapat membangun kebunkebun tebu, kapas, padi, jeruk, anggur. Kemajuan dalam bidang ini membawa kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat. Karena kemajuan ekonomi Spanyol mampu membangun beberapa kota yang megah dan mempunyai banyak bangunan yang monumental. Abdurrahman III membangun kota Cordova dilengkapi dengan taman, Istana, jalan-jalan, masjid, perpustakaan. Kota termegah adalah Az-Zahrah yang dibangun oleh Abdurrahman III dan kota Granada yang cantik yang memiliki al-Hamrah terkenal di seluruh Dunia (Yatim,1997: 99-100).
3.       Factor-faktor Pendukung Kemajuan
Kemajuan-kemajuan yang terjadi di Spanyol Islam di pengaruhi oleh beberapa faktor
a.       Adanya penguasa yang kuat dan berwibawa, yang mampu mempersatukan kekuatan ummat Islam, seperti abd al-Rahman al-Dakhil, Abd al-Rahman-Wasith dan Abd al-Rahman al-Nasir.
b.       Adanya kebijaksanaan penguasa untuk memelopori kegiatan-kegiatan ilmiah Oleh penguasa Dinasti Umayyah di Spanyol seperti Muhammad ibn abd al-Rahman (852-886 M dan al-Hakam II al-Muntashir (961-976 M).
c.         Penguasa menegakkan toleransi beragama terhadap penganut agama Kristen dan  Yahudi, sehingga mereka ikut berpartisipasi dalam mewujudkan peradaban Islam di Spanyol (Fakhri,1986:356).
d.        Masyarakat Spanyol Islam merupakan masyarakat majemuk yang terdiri dari berbagai komonitas baik agama maupun bangsa sehingga mereka bekerjasama dan menyumbangkan kelebihannya masing-masing.
e.        Adanya kesatuan budaya Islam. Meskipun pada saat itu ada persaingan sengit   antara Abbasiyah di Baghdad dan Umayyah di Spanyol tapi para ilmuwan bebas melakukan perjalanan untuk menuntut ilmu mulai dari ujung Barat wilayah Islam ke ujung timur.
f.        Perpecahan politik masa Muluk al-Thawa’if dan sesudahnya tidak menyebabkan mundurnya peradaban karena setiap Dinasti (raja) di Malaga, Toledo, Seville, Granada dan lain-lain berusaha menyaingi Cordova bahkan diantaranya justru lebih maju.

D.      Penyebab Kemunduran dan Kehancuran
1.       Konflik Islam Dengan Kristen
Kehadiran Arab Islam telah memperkuat rasa kebangsaan orang-orang Spanyol Kristen, sehingga kehidupan negara Islam tidak pernah sepi dari pertentangan antara Islam dan Kristen.
2.       Tidak Adanya Ideologi Pemersatu
Di Spanyol, sebagaimana politik yang dijalankan Bani Umayyah di Damaskus, orangorang Arab tidak pernah menerima orang-orang pribumi. Mereka masih memberi istilah ‘ibad dan muwalladun kepada para muallaf itu, suatu ungkapan yang dianggap merendahkan.
3.       Kesulitan Ekonomi
Pada paruh kedua masa Islam di Spanyol, Para menguasa membangun kota dan mengembangkan ilmu pengetahuan dengan sangat serius, sehingga lalai Pada paruh kedua masa Islam di Spanyol, Para menguasa membangun kota dan mengembangkan ilmu pengetahuan dengan sangat serius membina perekonomian.
4.       Tidak jelasnya sistem peralihan kekuasaan
Hal ini menyebabkan perebutan kekuasaan di antara ahli waris. Bahkan, karena inilah kekuasaan bani umayyah runtuh dan mulul at- tawaif muncul. Beranda yang merupakan kekuasaan islam terakhirdi Spanyol jatuhketangan perdinand dan Isabella, di antaranya di sebabkan permasalahan ini.
5.       Keterpencilan
Spanyol Islam terpencil dari Dunia Islam yang lain. Ia berjuang sendirian tanpa mendapat bantuan kecuali dari Afrika Utara. Dengan demikian tidak ada kekuatan alternatif yang mampu membendung kebangkitan di sana (Yatim, 2003:107-108).
BAB III
PENUTUPAN
KESIMPULAN
                Penaklukan pertama di spanyol pada masa kholifah bani umayyah yang pada saat itu  dipegang oleh kholifah Al- walid. Dan penaklukan tersebut ada tiga pahlawan yang paling berjasa ada tiga phalawan  yaitu, Tharif  ibn Malik,Tharik bin Ziyad, Musa ibn Nushair
                Faktor-faktor yang Mendukung Keberhasilan Islam Masuk ke Spanyol
                    I.            Faktor Eksternal
a.       Kondisi sosial, politik dan ekonomi dalam keadaan tidak stabil
·      Secara politik, Spanyol terkoyak-koyak dan terbagi-bagi menjadi beberapa negara kecil
·      Keadaan sosial begitu menyedihkan, bangsa dibagi-bagi atas sistem kelas
·      Ekonomi tidak stabil dan lumpuh
·      Ketidak toleran dari penguasa Goth terhadap agama sealain Kristen

                  II.            faktor internal
a.       Para pejuang, prajuritdanpemimpinIslam adalahtokoh-tokoh yang kuat, paratentaranyakompak, bersatu,percayadiri, danpemberani
b.       TentaraIslam menunjukkanajaranIslam: toleransi, persaudaraandantolong- menolong
Perkembangan politik di Spanyol tidak lepas dari beberapa aspek yang dapat mempengaruhinya diantaranya: ekonomi dan sosial. Dari pertama kali Islam menginjakkan kaki di tanah Spanyol hingga jatuhnya Islam disana, Islam memainkan peranan yang sangat besar, masa itu berlangsung lebih dari tujuh setengah abad sehingga masa ini dibagi menjadi beberapa periode


                                                                                  DAFTAR PUSTAKA

         Yatim, Badri. Sejarah Peradaban islam.  Persada, Raja Grafindo, jakrta. 2010.hal. 87-110 

Thursday 3 May 2012

KEJAYAAN BURUH DAN KESADARAN KOLEKTIF


KEJAYAAN BURUH DAN KESADARAN KOLEKTIF

Oleh : Amin

Bulan Mei adalah bulan kebangkitan para buruh dan sering di sebut sebagai (MAY DAY) di seluruh dunia termasuk Indonesia. Kebangkita para buruh terimplementasi ke dalam suatu peradaban besar dan sejarah dialektika antara pemilik modal dalam istilah ilmu sosiologi di kaum pemilik modal di artikan sebagai masyarakat borjuis, dengan para buruh . istilah lain di namakan masyarakat proletar. Istilah ini meminjam dari perkataan seorang tokoh Sosiolog Jerman yaitu Karl Marx yang sudah terkenal kemana-mana namanya den teorinya sudah terakui di seluruh dunia.