Organisasi Profesi Guru

Presiden Jokowi memberi hormat kepada Guru-Guru se Indonesia.

Tema Gambar Slide 2

Deskripsi gambar slide bisa dituliskan disini dengan beberapa kalimat yang menggambarkan gambar slide yang anda pasang, edit slide ini melalui edit HTML template.

Tema Gambar Slide 3

Deskripsi gambar slide bisa dituliskan disini dengan beberapa kalimat yang menggambarkan gambar slide yang anda pasang, edit slide ini melalui edit HTML template.

Sunday 27 May 2012

Kenangan Terindah



OLEH: NURUL HIDAYAH





setiap kita pasti pernah mencintai, akan tetapi terkadang cinta kita tidak terbalas. dengan demikian, ketika cinta tidak terbalas tentunya rasa malu akan datang memhampiri. hari-hari sudah terlalu sedangkan pikiran masih tertuju terhadapnya. padahal masih ada yang lain.


perasaan selalu terhanhatui olehnya. mimang benar ketika perasaan kitika sampai di hati akan sulit untuk melepas, segala cara uda dilakukan hany untuknya. namun tidak juga terpenuhi. cinta sungguh sungguh indah, walaupun tida terbalas.
Mencintai seseorang adalah hal yang sering kita alami, tapi kadang cinta kita terbalas kadang cinta kita di abaikan (tak terbalas) oleh seseorang.
hati sebagai pusatnya cinta bisa sakit karena cinta. dengan demikian janganlah memberikan hatimu kepeda orang yang tidak mencintai. karena apabila hati di berikan kepada yang tidak mencintai. maka tunggulah kehancurannya..

Seperti itulah hakikat cinta kepada sang kekasih; patuh padanya dan siap berkorban demi kebahagiannya. Kecintaan kepada Allah dan Rasul-Nya tentu jauh lebih besar daripada kecintaan kita dari siapa pun di dunia ini; tidak istri, anak-anak atau orang tua sekalipun. Mungkin belum banyak yang kita persembahkan, atau kita korbankan sebagai realisasi cinta kepada sang Khalik. Sehingga terlalu sulit bagi kita mensejajarkan cinta kita dan cinta Allah Azza wa Jalla. Namun kita juga yakin, bahwa Allah Ta’ala tidak pernah menuntut lebih dari apa yang sanggup kita berikan.


Pesan terakhir saya janganlah pernah menunggu sesuatu yang tidak pasti dan janganlah pernah memikirkan sesuatu yang sedikitpun tidak pernah memikirkan dirimu 


Sunday 6 May 2012

MASUKNYA ISLAM DI SPANYUL


oleh: NURUL HIDAYAH   

                                                                    BAB I                                                                 

PENDAHULUAN
A.      LATAR BELAKANG
Sepanyol diduduki umat islam  pada masa kholifah Al- walid (705-715 M), salah seorang kholifah dari Bani Umayyah yang berpusat di Damaskus. Dalam proses penaklukan Spanyol terdapat tiga pahlawan islam yang dapat dikatakan paling berjasa memimpin satuan pasukan di sana. Mereka adalah Thariq ibn Malik, Tharif ibn Ziyad, dan Musa  ibn Nushair.
Kemenangan-kemenangan yang dicapai oleh umat islam dengan adanya  dua faktor yaitu faktor eksternal dan faktor internal yang menguntungkan. Sehingga islam dengan mudah menguasai kota-kota yang ada di Andalus (spanyol), di antara kota-kota yang dikuasai islam adalah siville, Kardova, Granada, Murcia, dan Toledo. Sejak   Pasukan islam memperoleh kemenangan dengan mudah. Karena, pasukan islam mendapat dukungan dari rakyat setempat yang sejak lama menderita akibat kekejaman penguasa.
B.      RUMUSAN MASALAH
Pada zaman siapa pertama kali islam masuk kesepanyol ?
Begaimana perkembangan perkembangan islam di spanyol ?
Apa faktor-faktor yang menyebabkan islam dengan cepat menguasai spanyol ?
C.      TUJUAN PENULISAN
Penulisan makalah ini, bertujuan untuk mengkaji “Peradaban Islam di Spanyol”. Dari awal masuknya sampai, pekembangannya dan kemundurannnya. Akan tetapi makalah, makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Maka dari itu, keritikan dan saran anda yang yang dapat memutivasi saya tunggu.  


BAB II
PEMBAHASAN
A.      Masuknya Islam Ke Sepanyol
Sebagaimana di sebutkan di atas islam masuk ke spanyol pada masa kholifah Al- Walid (705-715 M), sebelum menaklukan spanyol, umat islam telah menguasai afrika utara dan menjadikan salah satu oposisi dari dinasti bani umayyah. Dalam proses penaklukan spanyol terdapat tiga pahlan islam yang yang dapat dikatakan paling nerjasa memimpin satuan-satuan pasukan ke sana. Mereka adalah Tharif ibn Malik,Tharif ibn Ziyad, dan Masa ibn Nushair. Tharif dapat disebut sebagai perintis dan penyelidik. Ia menyeberangi selat yang berada di antara  Maroko dan benua Eropa itu dengan pasukan perang, lima ratus orang di antaranya adalah tentara berkuda, mereka memiliki empat buah kapal yang disediakan oleh Julian. Penyerbuan itu Thoriq tidak mendapatkan perlawanan yang berat. Ia menang dan kembali ke Afrika utara membawa harta rampasa yang tidak sedikit jumlahnya. Di dorong oleh keberhasilan Thoriq dan kemelut yang terjadi dalam tubuh kerajaan Visighotick yang berkuasa di spanyol pada saat itu, serta dorangan yang besar untuk mendapatkan harta rampasan perang, Musa ibn Nushair pada tahun 711 M mengirim pasukan ke spanyul sebanyak 7000 orang di bawah pinpinan Thariq ibn Ziyad.
Ibn Ziyad lebih banyak di kenal sebagai penakluk spanyol, karena pasukannya lebih besar dan hasilnya lebih nyata. Pasukankya terdiri dari sebagian besar suku barbar yang di dukung oleh Musa ibn Nushair dan sebagian lagi orang yang dikirim oleh kholifah Al- Walid. Pasukan itu kemudian menyeberangi selat di bawah pimpinan Thariq ibn Ziyad. Sebuah ginung tempat pertama kali Thariq dan pasukannya mendarat dan menyiapkan pasukannya,  dikenal dengan nama Gibraltar(Jabal Thariq). Dengan dikuasainya daerah ini, maka terbukalah pintu secara luas untu memasuki spanyol.dalam pertempuran di suatu tempat yang bernama Bakkah, raja Roderick dapat dikalahkan. Dari situ THariq dan pasukannya terus menaklukan kota-kota penting, seperti Kardova, Granada, dan Toledo (ibu kota kerajaan Goth saat itu). Sebelum Thariq menaklukan kota Toledo, ia meminta tambahan pasukan kepada Musa ibn Nushair di Afrika Utara. Musa menirimkan tambahan pasukan sebanyk 5000 personil, sehingga jumlah pasukan Thariq seluruhnya 12.000 orang, jumlah belum sebanding dengan pasukan Gpthik yang jauh lebih besar, 100.000 orng.
Kemenangan pertama yang dicapai oleh Thariqibn Ziyad membuka jalan untuk menaklukan wilayah yang lebih luas lagi. Untuk itu, musa ibn Nushair merasa perlu melibatkan diri dalam gelandang pertempuran dengan maksid membantu perjuangan Thariq. Dengan suatu pasukan yang besar, ia berangkat menyeberangi selat itu dan satu persatu kota dilewatinya dapat ditaklukannya. Setelah Musa menaklukan Sidonia, Karmona, Seville, dan merida serta mengalahkan kerajaan Toledo. Selanjutnya, keduanya berhasil menguasai lota penting di spanyul. Termasuk bagian utaranya, mulai dari siragosa sampai Navarre. Gelombang perluasan wilayah berikutnya
Gelombang perluasan gelombang berikutnya muncul pada masa pemerintahan kholifah Abdil Aziz tahun 99 H/717 M, kali ini sasaran di tujukan untuk menguasai daearh sekitar pegunungan Pyrenia dan perancis selatan, pinpinan pasukan dipercayai kepada Al- Samah, tetapi usahanya gagal dan dia terbunuh pada tahun 102 H. selanjutnya pinpinan pasukan diserahkan keapada Abd Al- Rahman ibn Abdullah Al-Ghafiqi. Dengan pasukannya, ia menyerang Bordesus, poiter, dan dari sini ia mencoba menyerang kota tours. Akan tetapi, di antara kota poiter dan kota tours itu ia ditahan oleh Chales Martel, sehingga penyerangan keperancis gagal dan tentara yang dipinpinnya kembali ke spanyol.
Sesudah itu, masih terdapat penyerangan-penyerangan seperti di ke Avirignon tahun 734, ke lyon tahun 743 m, dan pulau-pulau yang terdapat di laut Tengah. Majorkax Korsia, Sardinia, Creta, Rhodes, Cyprus, dan sebagian dari Sicilia juga jatuh ke tangan islam di zaman Bani Umayayh. Gelombang kedua terbesar dari penyerbuan kaum muslimin yang geraknya dinulai pada permulaan abad ke-8 M ini, telah menjangkau seluruh spanyol dan perancis tengah dan bag9ian-bagian penting dari Itali.
Kemengan-kemenangan yang di capai umat islam Nampak begitu mudah. Hal itu tidak dapat di pisahkan dari adanya faktor eksternal dan factor internal yang menguntungka.
Yang dimaksuk faktor eksternal adalah suatu kondisi yang terdapat di dalam negeri sepanyol sendiri. Pada masa penaklukan spanyol oleh orang-prang islam, kondisi social, politik, ekonomi negeri ini berada dalam keadaan menyedihkan. Secara politik, willah sepanyol terkoyak-koyak dan terbagi-bagi ke dalam beberapa Negara kecil. Bersamaan dengan itu, penguasa Gothic bersikap tidak toleran terhadap aliran agama yang dianut oleh penguasa, yaitu yaitu aliran monofisit, apalagi terhadap agama lain, yahudi, penganut agama yahudi yang merupaka bagian terbesar daripenduduk spanyol dipaksa dipakti menurut agama Kristen. Yang tidak bersedia disiksa dan dibunuh secara berutal. Rakyat dibagi-bagi kedalam sistem kelas, sehingga keadaannya diliputi oleh kemelaratan, ketertindasan, dan ketiadaan persamaan hak. Di dalam situasi seperti itu, kaum tertindas menanti kedatangan juru pembebas dan juru pembebasannyamereka temukandari orang islam. Berkenaan dengan itu, Ameer Ali, seperti dikutip oleh Imamuddin mengatakan, ketika Afrika(Timur dan Barat) menikmatin kenyamanan dalam segi material, kebersamaan, keadilan, dan kesejahteraan tetangganya di jazirah spanyol berada dalam keadaan menyedihkan di bawah kekuasaan tangan besi penguasa visighotic. Disisi lain, kerajaan  kerajaan berada dalam kemelut  perlakuan yang membawa akibat pada prenderitaan masyarakat. Akibat perlakuan yang keji, koloni-koloni yahudi yang pentingmenjadi tempat-tempat perlawanan dan peberontakan. Perpecahan dalam negeri spanyol ini banyak membantu kerhasilan campur tangan islam di tahun 711 M. perpecaha itu amat banyak coraknya dan sudah ada jatuh sebelum kerajaan Gothic sendiri.
Pepecahan politik memperburuk keadaan ekonomi masyarakat. Padahal sewaktu spanyol berda di bawah pemerintahan romawi, berkat kesuburan tanahnya, pertanian maju pesat. Demikian pertambangan, industri, dan perdagangan karena didukung oleh sarana transportasi yang baik.
Buruknya kondisi social, ekonomi dan keagamaan tersebut terutama disebabkan oleh keadaan politik yang kacau. Terjadi pada masa pemerintahan raja Roderick, raja goth yang terakhir dikalahkan. Awal kehancuran kerajaan goth adalah ketika raja Roderick memindahkan ibu kota negaranya dari Seville ke Toledo, sementara witisa, sebagai penguasa atas wilayah Toledo pada masa itu.
Sedangkan yang dimaksuk internal adalah suatu kondisi yang tedapat dalam tubuh penguasa, tokoh-tokoh pejuang, dan para perajurit islam yang terlibat dalam penaklukan wilayah spanyol. Para pemimpin adalah tokoh-tokoh yang yang kuat, tentaranya kompak, bersatu, dan penuh percaya diri, merekapun cukup berani dan tabah dalam menghadapi setiap pesoalan. Yang terpenting ajaran islam yang di tujukan  para tentara islam yaitu toleranci, persaudaraan, dan tolong menolong. Sikap toleran dan persaudaraan yang terdapat pada pribadi kaum muslimin itu menyebabkan penduduk soanyol menyambut kehadiran islam di sana. Dan Perkembangan politik di Spanyol tidak lepas dari beberapa aspek yang dapat mempengaruhinya diantaranya: ekonomi dan sosial. Dari pertama kali Islam menginjakkan kaki di tanah Spanyol hingga jatuhnya Islam disana, Islam memainkan peranan yang sangat besar, masa itu berlangsung lebih dari tujuh setengah abad sehingga masa ini dibagi menjadi beberapa periode.
B.      Perkembanga Islam di Spanyol
Sejak pertama islam menginjakan kaki ke spanyol dan jatuhnya kerajaan islam terkhir disana berlangsung lebih dari tuju setengah abad yang di dalamnya terdapat enam priode
1.       Priode Pertama (711-755 M)
Pada priode ini spanyol berada di bawah pemerintaha para waliyang diangkat oleh kholifah Bani Umayyah yang berpusat di demaskus. Pada priode ini stabilitatas politik negeri spanyol belum sempurna. Ganggguan-gangguan masih serimg terjadi baik dari luar maupun dari dalam. Dan periode ini berakhir dengan datangnya Abd Al- RhmanAl-Dakhil kespanyol pada tahun 138 h/755 m.

2.        Periode Kudua (755-912 M)
Pada periode ini,spanyol dibawah pemerintahan seorang yang bergelar Amr (panglima atau gubenur) tetapi tidak tunduk kepada pusat pemerintahan islam yang ketika di pegang oleh kholifah Abbasiyah di Baghdad. Periode ini, umat islam di spanyol mulai mulai memperoleh kemajuan-kemajuan, baik dalam bidang politik maupun dalam bidang peradaban. Sekalipu demikian, berbagai ancaman dan kerusuhan terjadi. Pada abad ke-9, stabilitas Negara terganggu dengan munculnya gerakan krieten fanatik yang mencari kesyahidan(martyrdom). Dan di periode ini gangguan politik paling serius yang datng dari umat islam sendiri.  Pada tahun 852 golongan peberontak di Toledo membentuk negara kota  berlangsung selama 80 revolusi. Yang terpenting di antaranya adalah pemberontakan yang dipinpin oleh hafshun dan anaknya yang berpusat di di pegunungan dekat Malaga. Sementara itu, perselisihan antara orang-orang barbar dan prang-orang arab itu  masih sering terjadi.
3.       Periode Ketiga (912-1013 M)
Periode ini berlangsung mulai dari pemerintahan Abd Al- Rahman III yang bergelar “An-Nasir” sampai munculnya ”raja-raja kelompok”  yang dikenal dengan sebutan muluk al-Thawaif. Periode ini spanyol diperintah oleh penguasa dengan galar kholifah, penggunaan kholifah tersebut bermula dari berita yang di sampaikan kepada Abdirrahman III, bahwa Al- muktadir, kholifah daulat Bani Abbas di Baghdad meninggal dunia di bunuh olehpengawalnya sendiri.pada periode ini, umat islam spanyol mencapai puncakkemajuan dan kejayaan, menyaingi Daulat Abbasiyah di Baghdad. Awal kehancuran kholifah Bani Umayyah di spanyol adalah ketikaHisyamnailtahta  dalam usia sebelas tahun. Oleh kernaitu, kekuasaan actual berada di tangan pejabat. Akhirnya, pada tahun1013 M, dewan mantra yang memimpin Cardova menghapuskan jabatan kholifah. Ketika itu, spanyol sudah terpecah dalam banyak sekali Negara kecil yang berpusat di kota-kota tertentu.
4.       Periode Keempat (1013-1086 M)
Periode ini, spanyol terpecah menjadi lebih dari tiga puluh Negara kecil di bawah pemerintahan raja-raja golongan atau Al-Mulukut-Thawaif, yang berpusat disuatu kotaseoerti seville,Cardova, Toledo, dan sebagainya. Maskipun, kehidupan politi tidak stabil, namun kamajuan intelektual terus berkembang pada periode ini. Istana-istana mendorong para serjana dan sastrawan untuk medapatkan pelindungan dari suatu istana ke istana lain.
5.       Periode Kelima(1086-1248 M)
Periode ini, islam di spanyol maskipun terpecah dalam beberapa Negara, tetapi terdapat satu kekuatan yang dominan, yaitu kekuasaan dinasti murabithun(1086-1143) dan dinasti muahidun(1146-1235 M). dan di periode iniumat islam tidak mampu dalam serangan keristen yang semakin besar. Tahun1238 M Cardova jatu ketangan pengusa keristen dan Seville jatuh tahun 1248 M. seluruh spanyol kecuali Granada.

6.       Periode Keenam (1248-1493 M)
Pada periode ini, islam berkuasa, di bawah dinasti Ahmar (1232-1492 M). Peradaban kembali mengalami kemajuanseperti di zamanAbdurrahmanAn-Nashir. Oada periode ini pemberontakan oleh anaknya sendiri yaitu Abu Abdullah muhamad mersa tidak senang terhadap ayahnya untuk mermpas kekuasaannya.dan  dua pengusa kristendapat mengalahkan penguasa yang sah dan Abu Abdullahnaik tahta.yanbg terpehting di periode ini fdengan berakhirnya kekuasaan iskam di spanyol tahun 1492 M. umat islam setelah itu  dihadapkan dua pilihan, masuk Kristen dan meninggalkan spanyol. Dan pada tahun 1606 M, boleh dikataka islam tidak ada lagi di spanyol.

C.      Kemajuan Intelektual
Dalam masa lebih dari tuju abad, kekuasaan islam di Spanyol, umat islam telah mencapai kejayaannya di sana, banyak prestasi yang mereka peroleh,bahkan pengaruhnya membawa Eropa dan kemudian dunia,kepada kemajuan yang lebih kompleks.   
1.       Kemajuan Intelektual
Spanyol adalah negeri yang subur, kesuburan itu menghasilkan ekonomi yang tinggi dan pada gilirannya banyak menghasilkan pemikir. Yang terakhir, memberikan saham intelektual tehadap terbentuknya lingkungan budaya Andalus yang melahirkan kebangkitan ilmiah, sastra, dan pembangunan fisik di Spanyol.
a.       Filsafat
Hal ini terjadi pada tahun 961-976 M, atas inisiatif al-Hakam untuk mengimpor karya-karya ilmiah dan filosofis dari Timur, sehingga Cordova dengan perpustakaan dan universitasnya mampu menyaingi Baghdad sebagai pusat utama ilmu pengetahuan di Dunia Islam. Tokoh utama dan pertama dalam sejarah filsafat Arab-Spanyol adalah Abu Bakr Muhammad ibn al sayigh (Ibnu Majah).

b.      Sains
Ilmu-ilmu kedokteran, matematika, astronomi, kimia dan lain-lain juga berkembang dengan baik. Abbas ibn Farnas termasyhur dalam ilmu kimia dan astronomi (Syalabi,1983:86). Dalam bidang sejarah dan geografi terdapat Ibn Jubair dari Valencia (1145-1228 M), Ibn Batuthah dari Tangier (1304-1377 M) dan lain-lain.
c.       Fiqh
Spanyol Islam adalah penganut mazhab Maliki. Yang memperkenalkan pertama adalah Ziyad ibn abd al-Rahman.
d.      Music dan kesenian
Dalam bidang musik dan seni suara, Spanyol Islam mencapai kecemerlangan dengan tokohnya al-Hasan ibn Nafi (Zaryab).
e.       Bahasa dan sastra
Bahasa Arab telah menjadi bahasa administrasi dalam pemerintahan Islam Spanyol dan ini dapat diterima oleh orang-orang Islam dan non Islam. Diantara orang-orang yang ahli dalam bahasaArab dan tata bahasa adalah Ibn Sayyidih, Ibn Khuruf dan lain-lainnya.
2.       Kemegahan Pembangunan Fisik
Disamping kemjuan intelektual, Spanyol Islam juga mencapai kemajuan di bidang pembangunan fisik. Pembangunan fisik yang mendapat perhatian ummat Islam sangat banyak. antara lain dalam perdangangan, jalan-jalan dan pasar-pasar, bidang pertanian dan lain-lainya. Namun demikian, pembangunan-pembangunan fisik yang menonjol adalah pembangunan gedung-gedung, seperti pembangunan kota, istana, masjid, pemukiman dan tanaman-tanaman. Di antara pembangunan yang megah adalah Masjid Cordova, kota al- Zahra, Istana Ja’fariyah di Saragosa, tembok Toledo, Istana al-Makmun, Masjid Seville dan Istana al-Hamra di Granada. Cordova dan Granada di masa Bani Umayah mengalami perkembangan yang pesat.
Banyak pembangunan yang dilaksanakan, seperti Istana dan Masjid-masjid. Kota ini diperluas dengan memperbesar tembok yang mengelilinginya. Dan berdirinya sebuah jembatan dengan gaya arsitektur Islam yang mempunyai 16 lengkungan dalam gaya Romawi,menghubungkan Cordova dengan daerah pinggiran di gerbang sungai. Sedangkan di sebelah Barat jambatan itu berdiri Istana al-Cazar. Perkembangan ini terjadi pada masa pemerintahan Abdurrahman An-Nasir di pertengahan abad ke-10 M. Cordova juga terkenal dengan barang-barang kerajinan dari perak, sulaman-sulaman dari sutra dan kulit, yang mempunyai bentuk khusus. Pada masa ini Cordova menjadi pusat Ilmu Pengetahuan, dan berdirinya Universitas Cordova. Di samping itu, di kota ini terdapat sebuah perpustakaan besar yang mempunyai koleksi buku kira-kira 400.000 judul (Lapidus, 1999:581). Begitu juga dalam bidang pertanian ,dengan pembangunan irigasi yang baik, membawa kemakmuran dan kesejahteraan kepada masyarakat. Sehingga mampu membangun beberapa Daerah (Hoeve,1994:147).
a.       Cardova
Cordova adalah ibu kota Spanyol sebelum Islam, yang kemudian diambil alih oleh Bani Umayyah, Abdurrahman Ad-Dakhil (822-852 M). Kemudian mencapai puncak keindahannya pada masa Abdurrahman An Nasyir (911-961 M). Kota ini indah dipandang mata. Jembatan besar dibangaun di atas sungai yang mengalir di tengah kota. Tamantaman dibangun untuk menghiasi. Pohon-pohon dan bunga-bunga di impor dari Timur. Diantara kebanggaan kota Cordova adalah masjid Cordova. Di kota Cordova terdapat 491 masjid. Disamping itu, ciri khusus kota adalah adanya tempat pemandian. Di Cordova terdapat 900 pemandian.
b.       Granada
Granada memiliki tanah yang subur, banyak pegunungan dan sungai-sungai. Pada sebuah bukit kecil yang tingginya 150 meter di atas kota Granada terdapat sebuah istana yang indah yang dibuat oleh raja Bani Akhmar dan diberi nama Al-Hamrah. Al-Hamrah merupakan istana yang permai yang megah dan puncak ketinggian arsitektur Spanyol Islam. Istana itu dikelilingi taman-taman yang tidak kalah indahnya. Sedangkan dalam bidang pertanian, Spanyol sudah mengenal irigasi dan saluran-saluran air. Dengan pembangunan irigasi yang baik mereka dapat membangun kebunkebun tebu, kapas, padi, jeruk, anggur. Kemajuan dalam bidang ini membawa kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat. Karena kemajuan ekonomi Spanyol mampu membangun beberapa kota yang megah dan mempunyai banyak bangunan yang monumental. Abdurrahman III membangun kota Cordova dilengkapi dengan taman, Istana, jalan-jalan, masjid, perpustakaan. Kota termegah adalah Az-Zahrah yang dibangun oleh Abdurrahman III dan kota Granada yang cantik yang memiliki al-Hamrah terkenal di seluruh Dunia (Yatim,1997: 99-100).
3.       Factor-faktor Pendukung Kemajuan
Kemajuan-kemajuan yang terjadi di Spanyol Islam di pengaruhi oleh beberapa faktor
a.       Adanya penguasa yang kuat dan berwibawa, yang mampu mempersatukan kekuatan ummat Islam, seperti abd al-Rahman al-Dakhil, Abd al-Rahman-Wasith dan Abd al-Rahman al-Nasir.
b.       Adanya kebijaksanaan penguasa untuk memelopori kegiatan-kegiatan ilmiah Oleh penguasa Dinasti Umayyah di Spanyol seperti Muhammad ibn abd al-Rahman (852-886 M dan al-Hakam II al-Muntashir (961-976 M).
c.         Penguasa menegakkan toleransi beragama terhadap penganut agama Kristen dan  Yahudi, sehingga mereka ikut berpartisipasi dalam mewujudkan peradaban Islam di Spanyol (Fakhri,1986:356).
d.        Masyarakat Spanyol Islam merupakan masyarakat majemuk yang terdiri dari berbagai komonitas baik agama maupun bangsa sehingga mereka bekerjasama dan menyumbangkan kelebihannya masing-masing.
e.        Adanya kesatuan budaya Islam. Meskipun pada saat itu ada persaingan sengit   antara Abbasiyah di Baghdad dan Umayyah di Spanyol tapi para ilmuwan bebas melakukan perjalanan untuk menuntut ilmu mulai dari ujung Barat wilayah Islam ke ujung timur.
f.        Perpecahan politik masa Muluk al-Thawa’if dan sesudahnya tidak menyebabkan mundurnya peradaban karena setiap Dinasti (raja) di Malaga, Toledo, Seville, Granada dan lain-lain berusaha menyaingi Cordova bahkan diantaranya justru lebih maju.

D.      Penyebab Kemunduran dan Kehancuran
1.       Konflik Islam Dengan Kristen
Kehadiran Arab Islam telah memperkuat rasa kebangsaan orang-orang Spanyol Kristen, sehingga kehidupan negara Islam tidak pernah sepi dari pertentangan antara Islam dan Kristen.
2.       Tidak Adanya Ideologi Pemersatu
Di Spanyol, sebagaimana politik yang dijalankan Bani Umayyah di Damaskus, orangorang Arab tidak pernah menerima orang-orang pribumi. Mereka masih memberi istilah ‘ibad dan muwalladun kepada para muallaf itu, suatu ungkapan yang dianggap merendahkan.
3.       Kesulitan Ekonomi
Pada paruh kedua masa Islam di Spanyol, Para menguasa membangun kota dan mengembangkan ilmu pengetahuan dengan sangat serius, sehingga lalai Pada paruh kedua masa Islam di Spanyol, Para menguasa membangun kota dan mengembangkan ilmu pengetahuan dengan sangat serius membina perekonomian.
4.       Tidak jelasnya sistem peralihan kekuasaan
Hal ini menyebabkan perebutan kekuasaan di antara ahli waris. Bahkan, karena inilah kekuasaan bani umayyah runtuh dan mulul at- tawaif muncul. Beranda yang merupakan kekuasaan islam terakhirdi Spanyol jatuhketangan perdinand dan Isabella, di antaranya di sebabkan permasalahan ini.
5.       Keterpencilan
Spanyol Islam terpencil dari Dunia Islam yang lain. Ia berjuang sendirian tanpa mendapat bantuan kecuali dari Afrika Utara. Dengan demikian tidak ada kekuatan alternatif yang mampu membendung kebangkitan di sana (Yatim, 2003:107-108).
BAB III
PENUTUPAN
KESIMPULAN
                Penaklukan pertama di spanyol pada masa kholifah bani umayyah yang pada saat itu  dipegang oleh kholifah Al- walid. Dan penaklukan tersebut ada tiga pahlawan yang paling berjasa ada tiga phalawan  yaitu, Tharif  ibn Malik,Tharik bin Ziyad, Musa ibn Nushair
                Faktor-faktor yang Mendukung Keberhasilan Islam Masuk ke Spanyol
                    I.            Faktor Eksternal
a.       Kondisi sosial, politik dan ekonomi dalam keadaan tidak stabil
·      Secara politik, Spanyol terkoyak-koyak dan terbagi-bagi menjadi beberapa negara kecil
·      Keadaan sosial begitu menyedihkan, bangsa dibagi-bagi atas sistem kelas
·      Ekonomi tidak stabil dan lumpuh
·      Ketidak toleran dari penguasa Goth terhadap agama sealain Kristen

                  II.            faktor internal
a.       Para pejuang, prajuritdanpemimpinIslam adalahtokoh-tokoh yang kuat, paratentaranyakompak, bersatu,percayadiri, danpemberani
b.       TentaraIslam menunjukkanajaranIslam: toleransi, persaudaraandantolong- menolong
Perkembangan politik di Spanyol tidak lepas dari beberapa aspek yang dapat mempengaruhinya diantaranya: ekonomi dan sosial. Dari pertama kali Islam menginjakkan kaki di tanah Spanyol hingga jatuhnya Islam disana, Islam memainkan peranan yang sangat besar, masa itu berlangsung lebih dari tujuh setengah abad sehingga masa ini dibagi menjadi beberapa periode


                                                                                  DAFTAR PUSTAKA

         Yatim, Badri. Sejarah Peradaban islam.  Persada, Raja Grafindo, jakrta. 2010.hal. 87-110 

Thursday 3 May 2012

KEJAYAAN BURUH DAN KESADARAN KOLEKTIF


KEJAYAAN BURUH DAN KESADARAN KOLEKTIF

Oleh : Amin

Bulan Mei adalah bulan kebangkitan para buruh dan sering di sebut sebagai (MAY DAY) di seluruh dunia termasuk Indonesia. Kebangkita para buruh terimplementasi ke dalam suatu peradaban besar dan sejarah dialektika antara pemilik modal dalam istilah ilmu sosiologi di kaum pemilik modal di artikan sebagai masyarakat borjuis, dengan para buruh . istilah lain di namakan masyarakat proletar. Istilah ini meminjam dari perkataan seorang tokoh Sosiolog Jerman yaitu Karl Marx yang sudah terkenal kemana-mana namanya den teorinya sudah terakui di seluruh dunia.

Saturday 24 March 2012

kekuatan cinta..

Seorang alim berkata, “Barang siapa yang mencintai sesuatu, maka dia akan selalu menyebutnya.” Cinta kepada seseorang, membuat kita sering mengingat dan menyebut namanya. Demikian pula cinta kita kepada Allah Azza wa Jalla, menciptakan kebiasaan berdzikir kepada-Nya, mentaati perintah-Nya dan menjauh dari larangan-Nya, dan cinta Rasulullah saw., membiasakan kita bershalawat dan mengikuti sunnah-sunnahnya

Thursday 22 March 2012

AYAT-AYAT PEMBENTUKAN MASYARAKAT DAN KEBANGSAAN



OLEH: NURUL HIDAYAH








UNSUR-UNSUR PEMBENTUKAN MASYARAKAT DAN KEBANGSAAN
A.    Ayat dan Terjemahannya
v  Persatuan dan Ketuan

¨bÎ) ÿ¾ÍnÉ»yd öNä3çF¨Bé& Zp¨Bé& ZoyÏmºur O$tRr&ur öNà6š/u Âcrßç7ôã$$sù ÇÒËÈ

Sesungguhnya (agama tauhid) ini adalah agama kamu semua agama yang  satu dan Aku adala tuhanmu, maka sembahlah Aku. (QS Al Ambiyaa. 92)
Ayat munasabah
(#þqãè©Üs)s?ur NèdtøBr& öNßgoY÷t/ ( <@à2 $oYøs9Î) šcqãèÅ_ºu ÇÒÌÈ `yJsù ö@yJ÷ètƒ šÆÏB ÏM»ysÎ=»¢Á9$# uqèdur Ö`ÏB÷sãB Ÿxsù tb#tøÿà2 ¾ÏmÍŠ÷è|¡Ï9 $¯RÎ)ur ¼çms9 šcqç6ÏF»Ÿ2 ÇÒÍÈ
93.  Dan mereka Telah memotong-motong urusan (agama) mereka di antara mereka. kepada kamilah masing-masing golongan itu akan kembali
94.  Maka barang siapa yang mengerjakan amal saleh, sedang ia beriman, Maka tidak ada pengingkaran terhadap amalannya itu dan Sesungguhnya kami menuliskan amalannya itu untuknya.
Tafsirnya
Allah SWT berfirman, bahwasannya agamamu (agama tauhid) ini adalah agamamu semua, agam satu,sama dalam pokok-pkok kepercayaan dan pokok-pokok syariat sebagaimana telah di terangkan kepadamu, maka seharusnya semua manusia menganut satu agama, ialah agama islam, tetpapi mereka telah berpecah belah, memotong-motong urusan agama dan syariatdan berselisih di antara mereka,sedang mereka semuanya akan kembali kepada Allah untuk memberikan pertanggung jawaban dan menerima balasan. Makamaka barang siapa yang mengerjaka ama shaleh dengan hati yang tulus dengan penuh iman ia tidak akan diingkari amal-amalnya walau seberat zarrahpun akan tercatat semuanya tanpa ada yang ketinggalan. Allah berfirman

انالانضيع اجرمن احسن عملا                                                                                              
Yang artinya: sesungguhnya kami tidak akan menyia-nyiakan pahala orang yang beramal kebaikan[1]
972]  maksud ayat ini: agama yang diturunkan Allah itu adalah satu ialah agama tauhid (agama Islam), oleh Karena itu seharusnya manusia menganut satu agama, tetapi mereka Telah terpecah belah, mereka semuanya akan kembali kepada Allah akan menghisab mereka.

           

¨bÎ)ur ÿ¾ÍnÉ»yd óOä3çF¨Bé& Zp¨Bé& ZoyÏnºur O$tRr&ur öNà6š/u Èbqà)¨?$$sù ÇÎËÈ
52.  Sesungguhnya (agama Tauhid) ini, adalah agama kamu semua, agama yang satu dan Aku adalah Tuhanmu, Maka bertakwalah kepada-Ku. (QS. Al Mu’minun. 52)
Ayat yang bermunasabah
$pkšr'¯»tƒ ã@ߍ9$# (#qè=ä. z`ÏB ÏM»t6Íh©Ü9$# (#qè=uHùå$#ur $·sÎ=»|¹ ( ÎoTÎ) $yJÎ/ tbqè=yJ÷ès? ×LìÎ=tæ ÇÎÊÈ
51.  Hai rasul-rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik, dan kerjakanlah amal yang saleh. Sesungguhnya Aku Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.
(#þqãè©Üs)tGsù OèdtøBr& öNæhuZ÷t/ #\ç/ã ( @ä. ¥>÷Ïm $yJÎ/ öNÍköys9 tbqãm̍sù ÇÎÌÈ öNèdöxsù Îû óOÎgÏ?t÷Hwð 4Ó®Lym AûüÏm ÇÎÍÈ tbqç7|¡øtsr& $yJ¯Rr& /èfÏJçR ¾ÏmÎ/ `ÏB 5A$¨B tûüÏZt/ur ÇÎÎÈ äíÍ$|¡èS öNçlm; Îû ÏNºuŽösƒø:$# 4 @t/ žw tbrããèô±o ÇÎÏÈ
53.  Kemudian mereka (pengikut-pengikut Rasul itu) menjadikan agama mereka terpecah belah menjadi beberapa pecahan. tiap-tiap golongan merasa bangga dengan apa yang ada pada sisi mereka (masing-masing).
54.  Maka biarkanlah mereka dalam kesesatannya sampai suatu waktu.
55.  Apakah mereka mengira bahwa harta dan anak-anak yang kami berikan kepada mereka itu (berarti bahwa),
56.  Kami bersegera memberikan kebaikan-kebaikan kepada mereka? tidak, Sebenarnya mereka tidak sadar
                Tafsirnya
                Allah SWT, berfirman dan berseru kepada hamba-hamba-Nya agar memakan makanan yang baik-baik dan halal sambil melaksanakan amal-amal yang saleh.perintah Allah ini menunjukan bahwa makanan yang baik dan halal membantu orang dengan mudah melaksanakan amal-amal saleh. Nabi-nabi Allah telah memberi teladan kepada umat-umatnya dalam hidup mereka dengan tiada memakan dengan memakan melainkan makanan-makanan yang baik dan halal yang di hasilkan oleh jerih payah mereka sendiri. Nabi isa makan dari hasil ibunya yang bertenun dan Nabi Muhamad saw makan dari hasil kerjanya sebagai pengembala. Jaga Nabi Daud a.s menurut hadits Rasulullah tidak makan melainkan dari apa yang dihasilkan oleh tangannya sendiri. Diriwayatkan oleh Muslim dan imam Ahmad dari Abu Khuroirah r.a. bahwa Rasulullah SAW bersabda.
ياايهااناس ان الله طيب لايقبل الا طيب وان الله امرالمؤ منين بما امر به المرسلين فقال :ياايه الرسول كلوامن اطبات واعملوا صالحا اني بما تعملوان عليم. ثم ذكر الرجل يتيل السفر اشعث اغبر ومطعمه حرام ومشربه وملبسه حرام يمديديه الى السما يارب يارب فان تستجاب لذالك                                                                                                                      
Artinya: wahai manusia sesungguhnya Allah adalah tuhan yang baik dan tidak menerima malainkan sesuatu yang baikpula, dan sesungguhnya Allah telah memerintahkan kepada orang-orang yang mumin apa yang telah di perintahkan kepada rasul-rasul-Nya dengan firman-Nya, makanlah kamu dari makanan yang baik-baik dan berbuatlah amal-amal yang saleh, sesungguhnya aku maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.
Kemudian Rqsulullah menyebut sebagai contoh seorang yang melakukan perjalanan panjang dan jauh berada dalam keadaan kusut, sedang makanannyadari makanan haram, minumannya minuman haram dan pakaiannya berasal dari harta haram, ia mengangkat kedua tangannya ke langit berdoa,ya tuhanku, , maka bagaimana doanya itu diterima oleh tuhan, sabda Rosulullah SAW.
                Allah berfirman,agamamu hai Nabi-nabi adalah satu, agama sarinya adalah mengajak orang menyembah hanya kepada Allah yang maha Esa tidak bersekutu da Akulah Tuhanmu, maka bertaqwalah kepada-Ku.
                Kemuadian Allah berfirman selanjutnya, pengikut agama yang satu di pecah-pecah menjadi beberapa pecahan. Tiap-tiap golongan yang terpecah itu merasa bangga dengan apa yang mereka kira itu sebagai hidayah dan kebenaran, padahal mereka itu berada dalam kesesatan dan kebatilan. Maka biarkanlah mereka dalam kesesatan dan kebatilan sampai pada suatu waktu.
                Allah berfirman
ذرهم ياءكلواويتمتعواويلههم الامل فسوف يعلموان     
                Artinya: biarkan mereka makan, bersenang-senang dan di nina bobokan oleh harapan kosong, kelak mereka akan mengetahui
                Allah berfirman selanjutnya,apakah mereka mengira apa yang kami berikan kepada mereka berupa harta benda dan anak-anak, adalah karena kasih sayang kami kepada mereka? Sekali-kali bukanlah demikian, tetapi itu semuanya adalah ujian dan cobaan dari pihak kami terhadap mereka, namun merekan tidak sadar dan tidak tahu diri.
                Allah berfirman dalam ayat lain:
فلاتعجيك اموالهم ولااولادهم انمايريدالله ليعدبهم بهافي الحياةالدنيا.
Artinya: janganlah engkau heran atas harta benda mereka dan anak-anak mereka, semuanya itu bukanlah tanda ridho dan kasih sayang-Ku, tetapi itu semua adalah ujian dan cobaan serta siksaan bagi mereka dalam kehidupan mereka di dunia.
                Dalam lain ayat:
وما اموالكم ولااولادكم بالتى تقربكم عندنازالفى الامن امن وعمل صالحا.
                Artinya: dan bukanlah harta kekayaanmu dan buakn pula anak-anakmu yang akan mendekatkanmu kepada-Ku, tetapi imanmulah dan amalsalehmu yang akan mendekatkan kamu kepada-Ku.
                Dan bersabda Rasulullah SAW, menurut riwayat imama Ahmad dari Ibnu Masud r.a.:              
                Yang Artinya:  sesungguhnya Allah SWT, telah membagi di antara akhlak-akhlak kamu sebagaimana Dia telah membagi antara kamu adan rizki-rizki kamu, dan sesumgguhnya Allah memberikan kenikmatan kenikmatan duniawi kepada uang Dia cintai dan yang tidak di cintai tetapi kesadaran agama hanya di berikan oleh Allah kepada orang yang di cintai-Nya, dan demi Tuhan yang nyawa Muhamad berada di tangan-Nya, tiada orang berislam sebelum dia membersihkan hati dan lidahnya dan tidaklah beriman sebelum tetengganya merasa aman dari gangguan-gangguannya
                Bertanya seorang sahabat kepada beliau, apakah yang di maksud gangguan-ganguan itu, ya Rasulullah? beliau menjawab, yaitu kecongkakan dan kezaliman dan beliau melanjutkan sabdanya, dan tiada seseorang yang memperoleh harta kekayaan dengan jalan haramlalu menafkahkannya, akan di berkahi hartanya itu dan tiada sodekoh dari harta itu diterima Allah, dan jika hartanya itu di biarkannya(tidak di nafkahkan atau di sodekohkan) maka hartanya itu akan menjadi bekal di neraka. Sesungguhnya Allah tidak menghapus keburukan dengan keburuka juaga, akan tetapi akan di hapusnya dengan kebaikan dan sesungguhnya barang yang buruk tidak dapat memhapus barang yang buruk juga[2]
!$uZø9tRr&ur y7øs9Î) |=»tGÅ3ø9$# Èd,ysø9$$Î/ $]%Ïd|ÁãB $yJÏj9 šú÷üt/ Ïm÷ƒytƒ z`ÏB É=»tGÅ6ø9$# $·YÏJøygãBur Ïmøn=tã ( Nà6÷n$$sù OßgoY÷t/ !$yJÎ/ tAtRr& ª!$# ( Ÿwur ôìÎ6®Ks? öNèduä!#uq÷dr& $£Jtã x8uä!%y` z`ÏB Èd,ysø9$# 4 9e@ä3Ï9 $oYù=yèy_ öNä3ZÏB Zptã÷ŽÅ° %[`$yg÷YÏBur 4 öqs9ur uä!$x© ª!$# öNà6n=yèyfs9 Zp¨Bé& ZoyÏnºur `Å3»s9ur öNä.uqè=ö7uŠÏj9 Îû !$tB öNä38s?#uä ( (#qà)Î7tFó$$sù ÏNºuŽöyø9$# 4 n<Î) «!$# öNà6ãèÅ_ötB $YèÏJy_ Nä3ã¥Îm6t^ãŠsù $yJÎ/ óOçGYä. ÏmŠÏù tbqàÿÎ=tFøƒrB ÇÍÑÈ
48.  Dan kami Telah turunkan kepadamu Al Quran dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, yaitu kitab-kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian terhadap kitab-kitab yang lain itu; Maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang Telah datang kepadamu. untuk tiap-tiap umat diantara kamu, kami berikan aturan dan jalan yang terang. sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu, Maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah-lah kembali kamu semuanya, lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang Telah kamu perselisihkan itu, (QS. Al Maidah. 48)
Tafsirnya
dan kami telah menurunkan kepadamuI(hai muhamad) kitab(Al quran) dengan kebenaran(berkaitan dengan dengan anzalna) membenarkan apa yang di hadapannya (maksudnya yang yang sebelumnya) di antara kitab-kitab dam menjadi saksi(atau batu ujian) trhadapnya(kitab di sini maksudnya kitab-kitab terdahulu ) sebab itu putuskanlah perkara mereka(ahli-ahli kitab jika mereka mengadu kepadamu) denga pa yang di turunkan Allah(kepadamu) dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka(dengan menyimpang) dari kebenaran yang telah dating kepadamu. Bagi tiap-tiap umat di antara mkamu kami beri(hay manusia) aturan dan jalan(maksudnya jalan yang nyata dalam agama yang akan mereka tempuh) sekiranya di kehendaki Allah, tentulah kamu di jadikan-Nya satu umat(dengan hanya satu syariat) tetapi(dibagi-bagi-Nya kamu kepada beberapa golongan) untuk mengujimu(mencobai)  mengenai apa yang telahdiberikan-Nya kepadamu(berupa syariat yang bermacam-macam untuk melihat siapakah di antara kamu yang taat dan siapa pula yang durhaka) maka berlomba-lombalah berbuat kebaikan(berpaculah mengerjakannya) hanya kepada Allah-lah kembali kamu semua(dengan kebangkitan)  makadi beritahukan-Nya kepadamu apa yang kamu perbantahkan itu(yakni  mengenai soal agama dan di balas-Nya setiap kamu maenurut amal masing-masing )[3]

 Maksudnya: Al Quran adalah ukuran untuk menentukan benar tidaknya ayat-ayat yang diturunkan dalam kitab-kitab sebelumnya.
[422]  Maksudnya: umat nabi Muhammad s.a.w. dan umat-umat yang sebelumnya.
Ÿwur (#qçRqä3s? tûïÏ%©!$%x. (#qè%§xÿs? (#qàÿn=tF÷z$#ur .`ÏB Ï÷èt/ $tB æLèeuä!%y` àM»oYÉit6ø9$# 4 y7Í´¯»s9'ré&ur öNçlm; ë>#xtã ÒOŠÏàtã ÇÊÉÎÈ
Dan janganlah kamu menyerupai orang-orang bercerai-berai dan berselisih sesudah datang keterangan yang jelas kepada mereka, mereka itulah oarng-orang yang mendapat siksa yang berat(QS. Ali imron.105)
Tafsirnya,
Dan janganlah kamu sperti orang yang berpesah belah(denga agama mereka) dan berselisih(padanya) sesudah datang kepada mereka keterangan yang jelas(mereka itulah orang-orang yahudi dan nasrani) merekalah orang-orang yang mendapat siksa yang berat [4]

1.  Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang[1].
[1]  Maksudnya: saya memulai membaca al-Fatihah Ini dengan menyebut nama Allah. setiap pekerjaan yang baik, hendaknya dimulai dengan menyebut asma Allah, seperti makan, minum, menyembelih hewan dan sebagainya. Allah ialah nama zat yang Maha suci, yang berhak disembah dengan sebenar-benarnya, yang tidak membutuhkan makhluk-Nya, tapi makhluk yang membutuhkan-Nya. Ar Rahmaan (Maha Pemurah): salah satu nama Allah yang memberi pengertian bahwa Allah melimpahkan karunia-Nya kepada makhluk-Nya, sedang Ar Rahiim (Maha Penyayang) memberi pengertian bahwa Allah senantiasa bersifat rahmah yang menyebabkan dia selalu melimpahkan rahmat-Nya kepada makhluk-Nya.

v  Asal Keturunan
$pkšr'¯»tƒ â¨$¨Z9$# (#qà)®?$# ãNä3­/u Ï%©!$# /ä3s)n=s{ `ÏiB <§øÿ¯R ;oyÏnºur t,n=yzur $pk÷]ÏB $ygy_÷ry £]t/ur $uKåk÷]ÏB Zw%y`Í #ZŽÏWx. [ä!$|¡ÎSur 4 (#qà)¨?$#ur ©!$# Ï%©!$# tbqä9uä!$|¡s? ¾ÏmÎ/ tP%tnöF{$#ur 4 ¨bÎ) ©!$# tb%x. öNä3øn=tæ $Y6ŠÏ%u ÇÊÈ
 Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang Telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan dari padanya[263] Allah menciptakan isterinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain[264], dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan Mengawasi kamu. (QS. An-Nisa.. 1)
[263]  maksud dari padanya menurut Jumhur Mufassirin ialah dari bagian tubuh (tulang rusuk) Adam a.s. berdasarkan hadis riwayat Bukhari dan muslim. di samping itu ada pula yang menafsirkan dari padanya ialah dari unsur yang serupa yakni tanah yang dari padanya Adam a.s. diciptakan.
[264]  menurut kebiasaan orang Arab, apabila mereka menanyakan sesuatu atau memintanya kepada orang lain mereka mengucapkan nama Allah seperti :As aluka billah artinya saya bertanya atau meminta kepadamu dengan nama Allah.
1 Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang[1].
[1]  Maksudnya: saya memulai membaca al-Fatihah Ini dengan menyebut nama Allah. setiap pekerjaan yang baik, hendaknya dimulai dengan menyebut asma Allah, seperti makan, minum, menyembelih hewan dan sebagainya. Allah ialah nama zat yang Maha suci, yang berhak disembah dengan sebenar-benarnya, yang tidak membutuhkan makhluk-Nya, tapi makhluk yang membutuhkan-Nya. Ar Rahmaan (Maha Pemurah): salah satu nama Allah yang memberi pengertian bahwa Allah melimpahkan karunia-Nya kepada makhluk-Nya, sedang Ar Rahiim (Maha Penyayang) memberi pengertian bahwa Allah senantiasa bersifat rahmah yang menyebabkan dia selalu melimpahkan rahmat-Nya kepada makhluk-Nya.
ãNßg»oY÷è©Üs%ur óÓtLoYøO$# nouŽô³tã $»Û$t7ór& $VJtBé& 4 !$uZøym÷rr&ur 4n<Î) #ÓyqãB ÏŒÎ) çm8s)ó¡oKó$# ÿ¼çmãBöqs% Âcr& >ÎŽôÑ$# š$|ÁyèÎn/ tyfyÛø9$# ( ôM|¡yft7/R$$sù çm÷YÏB $tFt^øO$# nouŽô³tã $YZøŠtã ( ôs% zNÎ=tæ @à2 <¨$tRé& öNßgt/uŽô³¨B 4 $uZù=¯=sßur ãNÎgøŠn=tæ zN»yJtóø9$# $uZø9tRr&ur ãNÎgøn=tæ  ÆyJø9$# 3uqù=¡¡9$#ur ( (#qè=à2 `ÏB ÏM»t6ÍhŠsÛ $tB óOà6»oYø%yu 4 $tBur $tRqßJn=sß `Å3»s9ur (#þqçR%Ÿ2 öNåk|¦àÿRr& šcqßJÎ=ôàtƒ ÇÊÏÉÈ 
160.  Dan mereka kami bagi menjadi dua belas suku yang masing-masingnya berjumlah besar dan kami wahyukan kepada Musa ketika kaumnya meminta air kepadanya: "Pukullah batu itu dengan tongkatmu!". Maka memancarlah dari padanya duabelas mata air. Sesungguhnya tiap-tiap suku mengetahui tempat minum masing-masing. dan kami naungkan awan di atas mereka dan kami turunkan kepada mereka manna dan salwa (Kami berfirman): "Makanlah yang baik-baik dari apa yang Telah kami rezkikan kepadamu". mereka tidak menganiaya kami, tapi merekalah yang selalu menganiaya dirinya sendiri.
[576]  salah satu nikmat Tuhan kepada mereka ialah: mereka selalu dinaungi awan di waktu mereka berjalan di panas terik padang pasir. manna ialah: makanan manis sebagai madu. Salwa ialah: burung sebangsa puyuh.



[1] [1] H. salim Bahreisy dan H. Said bahreisy., Tafsir Ibnu Katsir,PT Bina Ilmu, Surabaya, 1988, hlm,332-333.

[2] Ibid. hlm. 414-419.
[3]Imam Jalaluddin Al-Mahalli, Tafsi Jalalain, sianar baru algen sindo, bandung, 2010, hlm, 450-451.
[4] Ibid, hlm.250.