Tuesday 6 March 2012

unsur-unsur manajemin


Rounded Rectangle: Nama   :  Nurul Hidayah 
Nim   : B02210035
Jurusan  : PMI
Semerter : III
Lebel   : Tugas UAS
MK  : Manegemen
ARTI DARI MANAJEMEN
Mananajemen itu mengandung arti proses kegiatan . proses tersebutdimulaidari perencanaan(planning),pengorganisasian(organizing), pelaksanaan(actuating), dan pengawasan(controling) dengan menggunakan swumber daya manusia dan sumber lainnya. Seluruh proses tersebut ditujukan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan Atau sdederhananya.
Dalam kehidupan sehari-hari manusia selalu mengadakan bermacam-macam aktifitas fisik maupun psikis untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan hidupnya secara maksimal. Salah satu aktifitas itu ditujukan sebagai sebuah proses untuk menyelesaikan tugas yang diakhiri dengan sebuah karya yang dapat dinikmati oleh manusia. Proses itulah yang dalam kehidupan kita sebut bekerja. 
Dimasa sekarang ini, manusia selalu saling membutuhkan satu sama lain agar tujuan dalam hidup dapat lebih mudah tercapai. Dari rasa saling membutuhkan ini muncul keinginan untuk bekerja sama dalam satu hal ataupun lainnya. Dari kerja sama ini kemudian muncul keinginan untuk dapat mengatur, merencanakan, dan mengevaluasi tujuan kerja sama yang semula diharapkan.  Organisasi memulai fungsi pertama yaitu perencanaan dalam mencapai tujuan.
Kemudian dilaksanakan melalui berbagai upaya seperti berbagai tugas menempatkan petugas yang tepat. Temuan dalam pengawasan merupakan umpan balik yang sangat berguna untuk memperbaiki perencanaan tahapan berikutnya Inilah, kesinambungan sustainable dan perencanaannya disebut rulling plan. Terdapat berbagai macam pendapat mengenai fungsi-fungsi manajemen, tetapi yang akan dibahas dalam hal ini adalah musholla At-taqwa yang ada di gang II desa wonocolo surabaya. 
2.      Oprasionalisasi management
Mosholla At-Taqwa yang ada di gang II desa wonocolo Surabaya sebagai objek kajian observasi kami yang sengaja diangkat sebagai tema sentral dalam obeservasi ini.
Mosholla At-Taqwa merupakan sarana ibadah bagi umat islam dimana di dalamnya terdapat pengurus yang terdiri dari ketua, bendahara, seketaris dan ada juga yang disebut sebagai ta’mir. Dan juga di mosholla at-taqwa ini ada TPQ dan yang mengajar ta’mir yang ada di dalamnya dan yang mangajar ini berubah-ubah tergantung yang mempunyai waktu untuk mengajar.
Dengan demikian, untuk mengatur dan mengarahkan elemen-elemen yang ada di beritahukan secara langsung. Sedangkan di mosholla ini ada beberapa kegiatan rutin. Di anataranya tibaan, hataman al-qur’an dan mendidik anak-anak usia dini. Tibaan ini selalu di laksanakan pada malam minggu.
Lankah pertama yang menjadi  kemajuan mushalla attaqwa adalah merupakan suatu sarana untuk memajukan masyarakat disana, dan menanamkan pembelajaran agama, yang didalamnya terdapa gambaran moralitas anak dan masyarakat,
3.      Hasil observasi
Seiring dengan perkembangan pendidikan agama, bahwa pendidkan adalah basis pengetahuan yang sangat penting salah satunya ketika melihat pada pendidikan agama di mosholla at-taqwa yang berada di gang II desa wonocolo  Surabaya.
Pendidikan yang ada di sana antara lain adalah TK, TPQ yang jaga menampung anak-anak usia dini, pendidikan seperti itu merupakan refleksi anak-anak masa diri untuk bisa lebih mengaktualisasikan dirinya dengan pendidikan yang selalu menuntut untuk zaman yang akan datang.
Berkenaan dengan hal ini salah satu pendidikan yang ada dimushallah ini adalah yang di perioritaskan pembeljaran  agama, karena program program yang laksanakan di mushalla tersebut hanya tentang keagamaan. Agar anak didik yang di ajar dapat memper dalam keagamaannya. Dalam pembelajaran agama tersebut banyak hal yang di ajarkan, antara lain: belajar mengaji, pembelajaran hukum hukum fikih, sejarah pedaban islam,
Belajar alqur’an sangat di terapkan oleh ustad disini, karena belajar mengaji sangat penting untuk anak didiknya. Tujuan penerapan penerapan tersebut, harapannya untuk memper dalam anak didiknya agar dapat membaca alqur”an dengan baik. Kareana kalau mengharapkan disekolah-sekolah pormal tidak menjamin untuk anak bisa mengaji dengan baik. Apalagi sekarang banyak kurang berminat untuk tahu membaca alqur’an, jadi di mushallah at-taqwa ini mengadakan program TPQ, untuk menghindari anak yang tidak bisa mengaji alqur’an.
Untuk pembelajaran hukum fikih juga diterapkan kepada anak didiknya, Agar anak didik disana lebih mengetahui hukum-hukum islam, misalanya: halal, haram, shalat fardhu, rukun rukun shalat, dan syarat-ayarat shalat. Disana di perakatekan kepada siswanya bagaimana cara melakukan hal yang benar.
Peradaban islam dijadikan rutinan pada hari minggu, seperti tiba’an atau shalawat kepada nabi muhamamad SAW. Yang di selingi dengan pengajiaan sejarah islam, pembelajaran ini sangat penting untuk mengenal historis islam, dalam sejarah banyak yang perlu di kenalkan kepada anak dini, karena dalam pelajaran sejarah ini meliputi tentang etika manusia.
Adanya program seperti yang diatas semua dapat member motivasi kepada anak anak dikawasan mushalla tersebut, dan anak anak disana sangat ber semangat untuk belajar, karena menurut mereaka ilmu agama sangat penting bagi mereka dan mereka menganggap pembelajaran seperti itu semua dapat member perubahan pada dirinya,
Program yang ada di mushalla Attaqwa terdapat peranan masyarakat disana,  masyarakat sangat mendukung dengan adanya program seperti itu. Dan masyarakat meberi fasilitas terhadap ustad atau ustadeh agar mengajarnya lebih semangat. Social masyarakat disna sangat erat dengan pengajar, jadi kalau ada sesuatu yang kurang dalam mushalla maka guru yang menemapti di mushalla tersebut member tahukannya.
Kontribusi masyarakat sangat penting untuk memajukan mushalla attaqwa. Karena mushalla tersebut adala merupakn sarana ibadah masyarakat disana dan bukan hanya untuk ibadah shalat lima waktu saja, juga menjadi tempat bagaimana masyarakat tersebut  membuat suatu acara, dalam merayakat hari bulanan dan hari  tahuna.  Tujuanannya agar masyarakat dikawasan mushalla sosialnya lebih dekat.
Acara bulanan merupakan program masyarka sendiri, yang didalamnya terdapat pengajian dan khatmal Qur’an yang dibaca oleh masyarakat sendiri, dengan pembacaan tadarrus bersama atau ber gantian membacanya hingga al-Qur’an tersebut hatam. Dan terdapat hidangan untuk orang yang mengaji yang diberi langsung oleh orang sekitar sana.
4.      Kesimpulan
Dari deskripsi  di atas, penulis akan mengklasifikiasikan kesimpulan sebagai berikut:
1.      Manegemen merupakan pengelolaan usaha, keoengurusan dan ketatalaksanaan terhadap sumberdaya secara efektif untuk mencapai sasaran yang di inginkan, proses kegiatan . proses tersebut dimulai dari perencanaan(planning),pengorganisasian(organizing), pelaksanaan(actuating), dan pengawasan(controling) dengan menggunakan swumber daya manusia dan sumber lainnya. Seluruh proses tersebut ditujukan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan Atau sdederhananya.
2.      Mushallla At-Taqwa yang ada di Gang II Wonocolo Surabaya sebagai media atau sarana pengajian masyarakat dan sebagai tempat ibadah dalam keseharian. Selain itu hjuga mushalla di fungsikan oleh masyarakrt sebagai wadah menimba ilmu bagi anak-anak di sekitarnya seperti di jaikan tempat TPQ, TPA, Dan pengajian rutin (hataman, tibaan) di setiap akhir pekan atau satu kali dalam seminggu. Dan bisanya juga di lakukan dalam satu bulan sekali.
3.      Mushlla At-Taqwa sebagai tempat musyawarah masyarakt sekitanya, musyawarah tersebut guna untuk melestarikan keutuhan mushalla.
4.      Mushalla sebagai tempat Pengajian dan pendidkan yang prioritaskan dalam basis agama islam

 
  

0 Comments:

Post a Comment