Monday 8 July 2013

Pengaruh Makanan Siap Saji yang Membahayakan Kesehatan Anak-anak



oleh: nurul hidayah

Pengaruh Makanan Siap Saji yang Membahayakan
Kesehatan Anak-anak
·         Analisis
Salah satui makanan yang siap saji adalah mie instan. Mie instan adalah sejenis makanan yang paling banyak di konsumsi oleh seluruh dunia.Selain praktis pengolahanya mi instan ini  mudah di dapatkan. Mi instan ini sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat, karena mie instan ini murah harganya. Di balik kelezatan, harganya yang murah,  juga praktis pengolahanya,  ternyata mie instan  ini mengandung beberapa zat aditf yang sangat berbahaya bahkan dapat  mengancam  kesehatan tubuh bila mengkonsumsi mie instan  terlalu berlebihan.
Bahaya makanan yang siap saji di konsumsi karena semua ini mengandung zat aditif .Beberapa zat aditif di dalamnya antara lain :
  • Natrium polifilsofat yang berfungsi sebagai pengemulsi, penstabil dan pengental
  • Natrium karbonat dan kalium karbonat  yang berfungsi sebagai mengatur keasaman
  • Tartazin yang berfunsi sebagai pewarna kuning mie
Makanan siap saji adalah salah satu makanan yang tidak banyak mengandung serat, kurang serat ini bisa menyebabkan BAB (Buang Air Besar) tidak lancar, kegemukan, kanker usus besar dan bisa jadi diabetes.
Bahaya karena makanan siap saji itu mengandung banyak bahan pengawet makanan yang jika dimakan terus menerus oleh semua orang akan berbahaya bagi kesehatan tubuh. Apa aja  yang membuat bahaya makanan itu, yaitu plastik pembungkusnya, bumbu dan pelengkapnya, Sedangkan mie instan memberikan efek laper yang cepat. Maka dari itu kita harus mengurangi alias jarang-jarang saja kalau mengkonsumsi mie instan yang terlalu banyak. Kurangi pola hidup yang praktis, ingat membuat itu kita malas dan tidak efektif. Cara seperti ini membuat kita memilih jalan yang alternatif sehingga mie instan membuat tubuh kita tidak sehat.
Sampai saat ini para orang tua masih khawatir dan takut akan bahaya makanan siap saji, makanan favorit masyarakat ini selalu saja tiap waktu dihantui ketakutan yang berlebihan. Sebagai manusia modern di masa depan tidak akan pernah terlepas dari pengaruh bahan kimia yang merugikan bagi organisme hidup. Bahan kimia tersebut dalam jumlah dan jenis tertentu  akan saling berinteraksi dengan suatu cara-cara tertentu untuk menimbulkan respon pada sistem biologi yang dapat menimbulkan kerusakan pada sistem biologi tersebut. Salah satu unsur toksikologi adalah agen-agen kimia atau fisika yang mampu menimbulkan respon pada sistem biologi. Selanjutnya cara-cara pemaparan merupakan unsur lain yang turut menentukan timbulnya efek-efek yang tidak diinginkan ini. Tetapi mekanisme tubuh sudah demikian sempurna. Berbagai zat berbahaya tersebut dalam jumlah tertentu dapat dibuang ke luar tubuh manusia melalui organ hati sebagai alat detoksifikasi tubuh manusia.
Makanan yang ada dalam kemasan kaleng juga membahayakan kesehatan dan pertumbuhan perkembangan anak yang semakin lamban. Jika seseorang mengkonsumsi makanan yang kurang bergizi maka orang tersebut kemungkinan besar memiliki resiko terhambatnya perkembangan kognitif. Dapat kita bayangkan jika yang gkonsumsi makanan kurang gizi adalah anak-anak usia sekolah, tentunya negara kita akan sulit berkembang jika banyak bibit-bibit generasi penerus bangsa yang kurang berkualitas.
·         Tujuan
v  Untuk mengetahui bahaya mie instan bagi kesehatan tubuh.
v  Mengkampanyekan bahwa mengkonsumsi makanan siap saji tidak baik bagi kesehatan tubuh.
·         Sasaran
Anak-anak yang berada di wilayah desa Waru kebanyakan setiap hari mengkonsumsi makanan siap saji ketika para orang tua tidak masak daalm rumah. Makanan siap saji adalah salah satu makanan alternatif yang paling mudah dijangkau dan murah harganya tidak susah untuk mengelolanya dengan cara yang rumit.
·         Media yang digunakan
ü  Slide show
ü  Foto novella
ü  musik
·         Isi/ Alur Cerita
Ø  Alur pertama disini saya menggambarkan pengaruh zat yang ada dalam kandungan makanan siap saji.
Ø  Alur kedua menceritakan tentang pengaruh makanan siap saji terhadap kesehatan dan perkembangan pada diri anak.
Ø  Alur ketiga menggambarkan dampak makanan siap saji
Ø  Alur ke empat memberi solusi alternatif agar anak-anak tidak sering mengkonsumsi makanan siap saji secara berlebihan.
·         Bahan yang digunakan : foto, teks narasi, lagu/instrument

0 Comments:

Post a Comment