Monday 15 July 2013

RIYA' DALAM PANDANGAN SYARI'AT AGAMA ISLAM

 OLEH: 
NURUL HIDAYAH
“Sesungguhnya yang paling aku takuti atas kamu sekalian adalah syirik kecil.” Sahabat bertanya : “Apakah syirik kecil itu ya Rasulullah?. Rasulullah bersabda : “ Syirik yang paling kecil itu adalah Riya.” (Al Hadits)

sedangkan yang yang tahu akan riya ini hanyalah Allah SAW dan rosul-Nya saja. Namun kita ma'fhum bahwa rasa kasih-sayang Rasulullah, rasa cinta beliau kepada ummat ini demikian besar, sedang riya' dapat datang dengan lihainya kedalam hati dan dengannya akan terhapus pahala amaliah seorang Muslimin. 
Domain riya' sebatas hati, refleksinya dalam amal, kecuali Allah orang lain tak dapat tahu. Inilah syirik ashghor, syirik kecil. 
sedangkan Imam al Ghazali membagi riya' dalam enam macam; riya' dari badan; dalam tingkah-laku, dalam berpakaian, dalam ucapan, amal dan dalam menunjukkan banyaknya murid. Riya' dapat muncul dalam bentuk ingin menunjukkan kepada khalayak bahwa dirinya pintar dan banyak tahu tentang urusan agama. Bentuk ini adalah riya' yang jelas dan dekat dengan sombong. Yang lebih tersamar lagi, dia tidak ingin menunjukkan kepintarannya, serta ibadahnya namun manakala orang lain tidak mengakui eksistensinya, kurang dihormati, dia merasa heran mengapa orang lain bersikap seperti itu kepadanya. Dia heran kenapa orang lain tidak tahu kemampuannya. Dia berupaya bersembunyi-sembunyi untuk beramal, namun manakala orang lain memergokinya hatinya gembira, lebih gembira ketimbang kepergok binatang, bahkan berharap-harap agar ada orang yang memergokinya.

jadi, Mari kita berlindung kepada Rabb manusia, Malik manusia, dan ilah manusia dari godaan waswaasil khannas, yang datang menyelusup menikam hati, yang membolak-balikan hati dan niat, yang memunculkan riya'. Dialah satu-satunya Tempat berlindung dan sebaik-baiknya Tempat berlindung.

mungkinkah ibadah yang selama ini aku lakukan hanya ingin di puja dan puji manusia. masyaAllah. begitu halus godaan-godaan yang datang pada niat-niat hati yang ingin mendekat kepada Engkau YAA ALLAH SAW.

ampunilah, peliharala, dan lindungilah hamba-MU ini dari segala godaan yang menjadikan hamba-MU ini jauh akan Diri-MU..

SEMOGA AMAL YG KITA LAKUKAN TERHINDAR DARI SIFAT RIYA'
AAMIIN.

0 Comments:

Post a Comment