RINGKASAN
KAPITA SELEKTA DAKWAH
(JURUSAN
PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM)
OLEH:
NURUL HIDAYAH
NIM
: (B02210035)
Pendidikan popular merupakan pendidikan yang sesuai dengan realitas
yang ada di komunitas, pendidikan ini bertujuan untuk membuat komunitas menjadi
kritis akan kehidupan yang dialaminya dengan pengalaman dan ide-ide komunitas
itu sendiri dan juga pendidikan ini menggunakan metode feranserta
(partisipatory). Dengan demikian, pendidikan pepuler ini menggunakan
istilah pasilitator, fasilitator ini berfungsi untuk mempermudah jalannya
pendidikan. Sedangkan untuk mempermudah jalannya pendidikan, harus menggunakan
bahasa yang tegas dan mudah di mengerti oleh peserta didik, biar peserta didik
tidak kesulitan untuk memahami meteri yang diberikannya. Setelah mereka
memahami materi yang diberikannya, maka peserta didik akan mampunyai kemampuan,
keberdayaan, kekuasaan(power-empowerment) atas kehidupan mereka sendiri. Jadi,
terbentuklan pemimpin-pemimpin yang melayani (servent leadership) masyarakat.
TANGGAPAN :
Tujuan dari pendidikan populer ialah menjadikan komunitas menjadi kritis, dalam artian pekak terhadap keadaan realitas ada pada komunitas sendiri. dengan berpikir kritis, komunitas akan lebih dewasa dalam berpikir. karena dengan pendidikan populer ini, masyarakat bisa mandiri, bisa menyelesaikan masalahnya sendiri dan bisa lebih paguyuban(rasa kekeluargaan lebih kental).
TANTANGAN :
fasilitator harus tahu segala yang ada di komunitas:
1. tahu kehidupan sosialnya
2. tahu agamanya
3. tahu keinginannya
4. kebiasaannya
5. dll
PERTANYAAN :
1. kenapa dikomunitas harus diberikan pendidikan populer?
2. bagaimana komunitas bisa keritis akan kehidupannya sendiri?
3. apa manfaat pendidikan populer ini bagi komunita?
DAFTAR PUSTAKA
lapsippipm.files.wordpress.com/2009/11/pendidikan-popular.pdf
darisandi.wordpress.com/.../servant-leadership-memimpin-dengan-hati-u..
www.bppk.depkeu.go.id/.../246_KOMUNIKASI%20ASERTIF%202013...
mahadalytebuireng.files.wordpress.com/.../pemberdayaan-masyrakat.doc
riadjohani.wordpress.com/tag/fasilitator-masyarakat/
TANGGAPAN :
Tujuan dari pendidikan populer ialah menjadikan komunitas menjadi kritis, dalam artian pekak terhadap keadaan realitas ada pada komunitas sendiri. dengan berpikir kritis, komunitas akan lebih dewasa dalam berpikir. karena dengan pendidikan populer ini, masyarakat bisa mandiri, bisa menyelesaikan masalahnya sendiri dan bisa lebih paguyuban(rasa kekeluargaan lebih kental).
TANTANGAN :
fasilitator harus tahu segala yang ada di komunitas:
1. tahu kehidupan sosialnya
2. tahu agamanya
3. tahu keinginannya
4. kebiasaannya
5. dll
PERTANYAAN :
1. kenapa dikomunitas harus diberikan pendidikan populer?
2. bagaimana komunitas bisa keritis akan kehidupannya sendiri?
3. apa manfaat pendidikan populer ini bagi komunita?
DAFTAR PUSTAKA
lapsippipm.files.wordpress.com/2009/11/pendidikan-popular.pdf
darisandi.wordpress.com/.../servant-leadership-memimpin-dengan-hati-u..
www.bppk.depkeu.go.id/.../246_KOMUNIKASI%20ASERTIF%202013...
mahadalytebuireng.files.wordpress.com/.../pemberdayaan-masyrakat.doc
riadjohani.wordpress.com/tag/fasilitator-masyarakat/
0 Comments:
Post a Comment